Putri, Bunga Dwi (2018) Pengaruh LKS Berorientasi Metode Ilmiah terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa pada Pembelajaran Fiska Kelas X SMAN 16 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_BUNGA_DWI_PUTRI_14033004_492_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dalam pembelajaran fisika pencapaian kompetensi siswa masih rendah. Hasil observasi pada beberapa SMA di Kota Padang, salah satu penyebabnya LKS yang digunakan belum mampu memberikan pencapaian kompetensi yang memadai bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang berarti pada penggunaan LKS berorientasi metode ilmiah terhadap pencapaian kompetensi siswa pada pembelajaran fisika kelas X SMAN 16 Padang pada tahun ajaran 2017/2018.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (QuasiExperiment Research) dengan rancangan Posttest Only Control Group Design.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA SMAN 16 Padang.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampelpenelitian adalah kelas X MIA 2 sebagai kelas control dan kelas X MIA 5 sebagaikelas eksperimen dengan jumlah anggota sampel yang sama yaitu 36 siswa. Datapenelitian ini meliputi data kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.Pengambilan pada kompetensi sikap menggunakan lembar observasi, sedangkanuntuk kompetensi pengetahuan dengan tes dan keterampilan data yang diperolehdengan lembar obervasi yang dilengkapi rubrik penskoran.
Analisis data untuk kompetensi sikap diolah dengan teknik persentase dandisajikan dalam bentuk grafik. Pada kompetensi pengetahuan dan keterampilandiolah dengan uji t, dilanjutkan dengan analisis regresi sederhana setelahmemenuhi persyaratan analisis. Hasil analisis data menunjukkan untukkompetensi sikap kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Untukkompetensi pengetahuan setelah dilakukan tes diperoleh rata-rata kelaseksperimen sebesar 79,81 sedangkan rata-rata kelas kontrol sebesar 75,37. Padapencapaian kompetensi keterampilan kelas eksperimen sebesar 82,33 sedangkanrata-rata kelas kontrol sebesar 78,53. Hasil analisis korelasi product moment padakompetensi pengetahuan dan keterampilan diperoleh 52,54 % dan 30,61%. Hasilpenelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penggunaanLKS berorientasi metode ilmiah terhadap kompetensi siswa pada pembelajaranfisika kelas X SMAN 16 Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | LKS berorientasi metode ilmiah Pencapaian kompetensi Fisika |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 10:11 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 10:11 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28470 |
