Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna E-Learning Universitas Negeri Padang dengan Pendekatan Fuzzy Servqual

Hayati, Bismi (2018) Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna E-Learning Universitas Negeri Padang dengan Pendekatan Fuzzy Servqual. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_BISMI_HAYATI_1302873_2135_2018.pdf] Text
B1_05_BISMI_HAYATI_1302873_2135_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

E-Learning adalah suatu aplikasi sederhana yang mampu memudahkankinerja proses pembelajaran di suatu lembaga pendidikan. Dengan menggunakanpembelajaran secara online, kita tidak harus terpaku kepada waktu dan kelas yangseringkali menjadi permasalahan, biasanya E-Learning ini sudah ada diberbagaimacam satuan pendidikan, namun penggunaanya masih sangat jarang, artinyaadalah pengaplikasian terhadap aplikasi E-Learning masih sedikit kurangterlaksana.Universitas Negeri Padang merupakan salah satu lembaga pendidikanyang menerapkan proses E-Learning, yang mana nantinya akan memudahkanmahasiswa ataupun dosen dalam proses pembelajaran. E-Learning bukan suatukeharusan yang dimiliki oleh suatu lembaga, melainkan adalah sebuah saranapenunjang yang akan membantu kinerja dosen. Tujuan penelitian ini adalah untukmengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan E-Learning UniversitasNegeri Padang dengan pendekatan Fuzzy-Servqual. Metode yang digunakandalam menentukan tingkat kepuasan pengguna adalah metode Servqual yangmemuat lima dimensi yaitu tangibles, reliability, responsiveness, security danunderstanding the customer. Metode Servqual diintegrasikan dengan logika fuzzyuntuk menghilangkan unsur subjektifitas pengguna dalam penilaian. Datadikumpulkan melalui angket yang berisi pernyataan tentang harapan dan persepsipengguna terhadap E-Learning UNP Data yang terkumpul akan diolah denganproses fuzzifikasi dan defuzzifikasi kemudian dilanjutkan dengan menentukan nilaigap (Servqual).Hasil analisis menunjukkan bahwa gap keseluruhan bernilai positifyang berarti pengguna sudah puas dengan layanan E–Learning UNP. Adapunnilai gap tiap dimensi untuk E-Learning UNP yaitu tangibles = -0,271; reliability= 0,310; responsiveness = 0,110; security = -0,072; understanding the customer =0,500.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Learning UNP kepuasan Fuzzy-Servqual gap
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 05 Nov 2025 10:10
Last Modified: 05 Nov 2025 10:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28464

Actions (login required)

View Item
View Item