Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas X SMAN I X Koto Singkarak Kabupaten Solok

Yuliana, Astri (2011) Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas X SMAN I X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ASTRI_YULIANA_79037_899_2011.pdf] Text
final_B1_ASTRI_YULIANA_79037_899_2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemui di sekolah
bahwa pembelajaran yang masih berpusat kepada guru yang mengakibatkan siswa
menjadi pasif sehingga hasil belajar siswa belum memenuhi SKBM. Guru masih
menjadi satu-satunya sumber belajar bagi siswa sehingga siswa hanya menunggu
penjelasan dari guru. Kondisi ini mengakibatkan siswa tidak termotivasi untuk
dapat menggali sendiri pemahamannya terhadap pelajaran Teknologi Informasi
dan Komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas metode
pembelajaran cooperatif script pada hasil belajar TI dan K siswa kelas X SMAN 1
X Koto Singkarak Kab. Solok.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasy
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas X SMAN
1 X Koto Singkarak yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011. Pemilihan kelas
sampel ditentukan melalui teknik purpossive sampling. Teknik pengumpulan data
penelitian berupa tes tertulis. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t
pada taraf nyata α=0,05.
Dari hasil penelitian didapat data berupa hasil belajar siswa. Untuk kelas
eksperimen diperoleh nilai rata-rata 88,15 sedangkan kelas kontrol 79,2. Dari
perhitungan uji kesamaan dua rata-rata diperoleh thitung = 5,75 dan ttabel = 2,003
pada taraf nyata α = 0,05 dengaan dk = 57 sehingga thitung > ttabel yang berarti
hipotesis diterima. Setelah dilakukan analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil
belajar siswa dengan menggunakan metode cooperative script lebih tinggi
dibandingkan dengan pembelajaran yang berpusat pada guru pada mata pelajaran
TIK kelas X SMAN 1 X Koto Singkarak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 05 Nov 2025 10:10
Last Modified: 05 Nov 2025 10:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28460

Actions (login required)

View Item
View Item