Peningkatkan Hasil Belajar PKn dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas IV SD Negeri 43 Sangkir Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam

Zetmayetri, Zetmayetri (2011) Peningkatkan Hasil Belajar PKn dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas IV SD Negeri 43 Sangkir Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ZETMAYETRI_09312_2951_2011.pdf] Text
final_B1_ZETMAYETRI_09312_2951_2011.pdf

Download (701kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa pembelajaran yang
dilaksanakan oleh guru masih bersifat konvensional, Pembelajaran masih berpusat
pada guru. Oleh sebab itu peneliti dalam penelitian ini menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD).
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran PKn di kelas IV
SD Negeri 43 Sangkir Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classromm action
research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang
dilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data
penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari
hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran PKn tentang
pengaruh globalisasi dilingkungan di kelas IV SD Negeri 43 Sangkir Kecamatan
Lubuk Basung Kabupaten Agam, Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas
IV SD terteliti.
Hasil penelitian setelah siklus I menunjukkan ketercapaian yang diperoleh
pada Pertemuan I 59.42% dan pada pertemuan II 65.71%, penelitian dilanjutkan
pada siklus II yang diperoleh siswa adalah pada pertemuan I 70.71% dan pada
pertemuan II 82.57%. Telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan
demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui model
pembelajaran kooperatif (STAD) dapat meningkatkan konsep pengaruh globalisasi
dilingkungan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 05 Nov 2025 10:08
Last Modified: 05 Nov 2025 10:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28444

Actions (login required)

View Item
View Item