Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Disertai Pemberian Tugas Terstruktur dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMAN 4 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2015/2016

Asmawati, Asmawati (2016) Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Disertai Pemberian Tugas Terstruktur dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMAN 4 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2015/2016. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ASMAWATI _201228_4658_2016.pdf] Text
B1_01_ASMAWATI _201228_4658_2016.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran
matematika yang harus tercapai selama proses pembelajaran. Namun, diperoleh
fakta bahwa pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA Negeri 4
Bukittinggi masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan model
pembelajaran Student Teams Achievement Division disertai pemberian tugas
terstruktur lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang belajar
menggunakan pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui bagaimana
perkembangan pemahaman konsep matematis siswa selama diterapkan model
pembelajaran Student Teams Achievement Division disertai pemberian tugas
terstruktur.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian
static group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4
Bukittinggi Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas
X
1
sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X
3
sebagai kelas kontrol. Instrumen
penelitiannya adalah kuis dan tes kemampuan pemahaman konsep berupa soal
esai. Pada data hasil kuis yang dianalisis adalah persentase ketuntasan siswa, nilai
rata-rata kuis siswa, dan persentase pencapaian dari indikator pemahaman konsep
matematis siswa. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-U Mann Whitney,
karena hasil tes akhir kemampuan pemahaman konsep kelas sampel tidak
berdistribusi normal.
Berdasarkan analisis data nilai kuis siswa, diperoleh kesimpulan bahwa
pemahaman konsep matematis siswa mengalami peningkatan dan penurunan.
Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis terjadi pada kuis I
hingga III, kuis V, dan kuis VII. Sedangkan penurunan pemahaman konsep
matematis terjadi pada kuis IV dan kuis VI. Pada hasil analisis data tes
kemampuan pemahan konsep siswa, diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman
konsep matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran Student Teams
Achievement Division disertai pemberian tugas terstruktur kelas X SMA Negeri 4
Bukittinggi lebih baik dari pada pemahaman konsep siswa yang belajar dengan
pembelajaran konvensional pada taraf nyata α = 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
S Sport
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 27 Feb 2025 03:58
Last Modified: 27 Feb 2025 03:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2843

Actions (login required)

View Item
View Item