Fitri, Yudil (2011) Upaya Meningkatkan Perkembangan Membaca Anak Melalui Permainan Menyusun Kata Bergambar di TK Pertiwi 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YUDIL_FITRI_93977_2011.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kelas B2 di TK Pertiwi 3 Padang dalam kenyataan yang peneliti lihat bahwa minat baca anak masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya alat peraga yang digunakan guru pada kegiatan membaca anak sehingga kegiatan membaca membosankan bagi anak. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan kemampuan membaca anak dalam membaca anak usia dini adalah dengan menggunakan permainan menyusun kata bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bagaimana cara dengan permainan menyusun kata bergambar dapat meningkatkan perkembangan membaca pada anak kelompok B2 di TK. Pertiwi 3 Siteba Padang. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian anak kelompok B2 TK Pertiwi 3 Padang tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 21 orang. Data tentang kemampuan membaca anak dalam pembelajaran diperoleh dari lembar observasi yang dianalisis dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase kemampuan anak dalam peningkatan perkembangan membaca anak pada permainan menyusun kata bergambar anak kategori sangat tinggi sebelum tindakan adalah 3.78%, pada siklus I rata-rata 23.78%, sedangkan pada siklus II rata-ratanya 90.4%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak mengalami peningkatan dari sebelum tindakan sampai dilakukan siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan rantai kata bergambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan perkembangan membaca anak.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MEMBACA ANAK, PERMAINAN MENYUSUN KATA BERGAMBAR |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 10:02 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 10:02 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28423 |
