Asnimawati, Asnimawati (2011) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe True Or False Statement Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Kerinci Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ASNIMAWATI_89342_4067_2011.pdf
Download (175kB)
Abstract
Rendahnya Hasil belajar sosiologi siswa di SMA N 1 Kerinci pada
pemahaman konsep, indikasinya siswa belum mampu membangun dan
mengembangkan pengetahuannya terhadap materi yang dipelajari sehingga siswa
sedikit yang mampu memberi contoh dari materi pelajaran dengan realitas yang
terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut
peneliti menggunakan model pembelajaran aktif tipe true or false statement.
Dengan tujuan untuk melatih siswa bertanya, mengemukankan pendapat serta
menjelaskan pelajaran sehingga siswa terlibat secara aktif dalam proses
pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
penerapan pembelajaran aktif tipe true or false statement terhadap hasil belajar
sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kerinci tahun pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, dengan rancangan
penelitian Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh kelas XI IPS SMA N 1 Kerinci yang terdaftar pada tahu pelajaran
2010/2011 sebanyak 3 kelas. sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik
Random kelompok. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak 2 kelas dengan
indikasi kelas yang mendapatkan nilai rata-rata pretest rendah sebagai kelas
eksperimen dan rata-rata pretest tinggi sebagai kelas kontrol maka didapat kelas
eksperimen yaitu IPS1 dengan siswa 24 orang dan untuk kelas kontrol adalah IPS3
dengan siswa 28 orang. Data di analisis dengan menggunakan statistik deskripstif
dan inferensial yang terdiri dari uji hipótesis melalui uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperiment (9,5)
lebih tinggi dari kelas kontrol (7,10), Kemudian diperoleh uji t yaitu 2,72
sedangkan ttabel=2,00. uji t juga dilakukan untuk skor setiap komponen konsep
dasar materi masyarakat multikultural (ciri-ciri, manfaat dan bentuk). Pada konsep
dasar ciri-ciri masyarakat multikultural diperoleh thitung=2,21 dan ttabel=2,00,
Konsep dasar manfaat multikultural diperoleh thitung=2,36 dan ttabel=2,00 serta
pada konsep dasar bentuk keanekaragaman masyarakat multikultural diperoleh
thitung=2,05 dan ttabel=2,00 dengan demikian model pembelajaran aktif tipe true or
false statement cocok digunakan pada konsep dasar ciri, manfaat dan bentuk
masyarakat multikultural. Oleh karena itu, hipotesis kerja yang berbunyi terdapat
pengaruh penerapan pembelajaran aktif tipe true or false statement terhadap hasil
belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Kerinci tahun pelajaran 2010/2011
diterima. Dengan demikian pembelajaran aktif tipe true or false statement dapat
meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa khususnya pada aspek pemahaman
konsep.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 10:01 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 10:01 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28420 |
