Susanti, Marnis (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada Siswa Kelas VI SDN.06 Pasir Jambak Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_SUSANTI_MARNIS_07696_3079_2011.pdf
Download (486kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan awal, pembelajaran membaca intensif yang dilaksanakan di kelas VI SDN 06 Pasir Jambak terlihat belum optimal. Penyebabnya adalah guru dalam melaksanakan pembelajaran membaca intensif belum menggunakan strategi membaca yang efektif. Penggunaan strategi DRTA dalam pembelajaran membaca intensif merupakan salah satu alternative pemecahan masalah dalam pembelajaran membaca di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan cara peningkatan kemampuan membaca intensif dengan menggunakan strategi DRTA pada siswa kelas VI SDN.06 Pasir Jambak pada tahap prabaca, saatbaca, pascabaca. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Perencanaan penelitian disusun meliputi : (1) lokasi penelitian, (2) subjek penelitian, (3) waktu/lama penelitian, (4) siklus dan alur penelitian, (5) Refleksi awal, (6) perencanaan, (7) pelaksanaan, (8) pengamatan, dan (9) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN.06 Pasir Jambak Kota Padang yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi. Hasil penlitian ini dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas VI SDN.06 Pasir Jambak dengan menggunakan stretegi DRTA pada tahap prabaca, siswa sudah dapat memprediksi bacaan, pada tahap saatbaca, siswa sudah dapat membaca dengan baik dan menmukan makna yang tersirat dalam bacaan. Begitu juga tahap pascabaca, siswa sudah dapat menjawab pertanyaan dan membuat ringkasan dengan baik. Hal ini tercermin dari adanya Hasil pembelajaran yang diperoleh siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata pada tahap setiap tahap adalah (1) prabaca 58.6, (2) saatbaca 54.6, (3) pascabaca 54.59 dan hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus II dengan nilai rata-rata kelas pada setiap tahap adalah (1) prabaca 83.31, (2) saatbaca 94.83, (3) pascabaca 90.8.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi DRTA, Membaca intensif, Penelitian tindakan kelas |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Faldo Aldiasep |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 09:42 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 09:42 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28417 |
