Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Perubahan Energi Melalui Pembuatan dan Penggunaan Media Model di Kelas IV SDN 31 Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji Padang

Zulkarnaini, Zelly (2008) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Perubahan Energi Melalui Pembuatan dan Penggunaan Media Model di Kelas IV SDN 31 Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ZELLY ZULKARNAINI-81546-2008.pdf] Text
final_B1_ZELLY ZULKARNAINI-81546-2008.pdf

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran Perubahan energi melalui pembuatan dan penggunaan media model
di SDN 31 Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji Padang. Latar belakang penulis
melakukan penelitian ini adalah melihat dari kenyataan proses pembelajaran IPA
selama ini belum sesuai dengan tuntutan kurikulum, dimana siswa belum
sepenuhnya diarahkan untuk merancang dan membuat suatu karya atau media,
karena guru masih beranggapan bahwa pembuatan media model sangat rumit
digunakan dalam pembelajaran dan memerlukan waktu yang lama, akhirnya
dalam proses pembelajaran IPA siswa kurang termotivasi dan kurang memahami
konsep yang telah diberikan guru dan hasil belajar siswa tergolong rendah.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dilakukan secara kolaboratif antara
peneliti dan guru. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil
tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan catatan setiap tindakan dalam
pembelajaran perubahan energi di kelas IV SDN 31 Pasar Ambacang Kecamatan
Kuranji Padang. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar
terteliti.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar
siswa pada pembelajaran Perubahan energi melalui pembuatan dan penggunan
media model. Sebelumnya pada pembelajaran IPA, rata-rata kelas tahun ajaran
2007-2008 yaitu 5,4, setelah diadakan tindakan siklus 1 pada pembelajaran
Perubahan energi terjadi peningkatan yaitu 7,55 dan pada siklus 2 meningkat
menjadi 8,25. Hasil penilain proses pada siklus I sudah mengalami peningkatan
pada siklus II dimana siswa sudah banyak memperoleh nilai SB (Sangat Baik).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 04 Nov 2025 09:41
Last Modified: 04 Nov 2025 09:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28409

Actions (login required)

View Item
View Item