Ajar, Suryari (2011) Ajar Peningkatan Hasil Belajar Operasi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama Dengan Pendekatan Belajar Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas IV SDN 35 Pagambiran Kecamatan Lubuk Begalung Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_SURYANI_AJAR_09479_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini didasarkan kepada pengalaman penulis di kelas IV SDN 35 pegambiran Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang bahwa dalam pembelajaran matematika ditemukan beberapa temuan yaitu (1) guru masih menggunakan pendekatan konvensional, (2) siswa yang mempunyai kemampuan lebih tidak mau membantu temannya yang mempunyai kemampuan lemah, dan siswa yang mempunyai kemampuan lemah malu bertanya (3) guru kurang memberikan motivasi sehingga siswa kurang bersemangat (4) guru kurang kreatif dalam merancang kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran serta peningkatan hasil belajar matematika pada penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV SDN 35 Pagambiran Kecamatan Lubuk Begalung Padang Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan berdasarkan langkah penelitian tindakan kelas yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari proses pelaksanaan tindakan melalui pengamatan, hasil tes dan diskusi. Sumber data adalah proses pembelajaran matematika dengan pendekatan kooperatif tipe STAD. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada siklus I kualifikasi keaktifan siswa dalam pembelajaran Matematika dengan metode kooperatif tipe STAD adalah kurang, kemudian pada siklus II meningkat menjadi berkualifikasi sangat baik. Rata-rata kelas hasil belajar siswa pada awal siklus I pertemuan I adalah 63,2 dan pada akhir siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 78.00. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa di kelas IV SDN 35 Pegambiran kota Padang
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, STAD, Hasil belajar matematika |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Faldo Aldiasep |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 09:40 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 09:40 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28405 |
