Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran OSKTM (Mengoperasikan Saluran Kabel Tegangan Menengah) Siswa Kelas XII Teknik Kelistrikan SMK N 1 Padang

Hamdi, Zeki (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran OSKTM (Mengoperasikan Saluran Kabel Tegangan Menengah) Siswa Kelas XII Teknik Kelistrikan SMK N 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ZEKI HAMDI-74076-2011.pdf] Text
final_B1_ZEKI HAMDI-74076-2011.pdf

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran OSKTM
masih terpusat pada guru. Guru menerangkan materi pelajaran di depan kelas, siswa
mencatat, sedikit bertanya dan diskusi sehingga siswa cenderung pasif dan kurang
berpartisipasi dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran OSKTM adalah menerapkan
strategi metakognitif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil
belajar siswa pada penerapan strategi metakognitf dalam mata pelajaran OSKTM?
Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain posttes group control only.
Subjek penelitian adalah kelas XII TDTL A sebagai kelas eksperimen, XII TDTL B
sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah angket peningkatan sikap siswa
dalam strategi metakognitif siswa dan tes hasil belajar. Tes hasil belajar diberikan
pada akhir pembelajaran. Tes hasil belajar diberikan kepada kedua kelas dengan soal
yang sama, sedangkan angket peningkatan sikap siswa dalam strategi metakognitif
digunakan pada kelas eksperimen untuk mengetahui sikap siswa dalam pencapaian
strategi metakognitif ini selama diterapkannya strategi ini.
Berdasarkan hasil analisis angket peningkatan sikap siswa dalam strategi
metakognitif siswa, diketahui bahwa secara umum sikap siswa setelah menggunakan
strategi metakognitif ini termasuk kategori sangat baik yaitu sebesar 72,72%.
Berdasarkan analisis hasil belajar setelah diterapkan strategi metakognitif, hasil
belajar siswa secara rata-rata memenuhi satandar kriteria belajar minimal dengan
rata-rata 73,54 dan mengalami peningkatan untuk setiap siswanya. Selain itu terdapat
perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata hasil
belajar kelas eksperimen adalah 73,54 sedangkan kelas kontrol 44,77. Berdasarkan uji
hipotesis yang dilakukan diperoleh thitung = 4,776 dan ttabel = 1,684berarti thitung lebih
besar dari pada ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar OSKTM siswa
menggunakan strategi metakognitif lebih baik dari pada hasil belajar OSKTM yang
menggunakan pembelajaran konvensional untuk kelas XII TDTL A dan XII TDTL B
SMK N 1 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 04 Nov 2025 09:39
Last Modified: 04 Nov 2025 09:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28402

Actions (login required)

View Item
View Item