Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Discovery dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 16 Sungai Limau Kecamatan Sungai Limau

Sari, Yudia Permata (2011) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Discovery dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 16 Sungai Limau Kecamatan Sungai Limau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YUDIA_PERMATA_SARI_07334-2011.pdf] Text
final_B1_YUDIA_PERMATA_SARI_07334-2011.pdf

Download (230kB)

Abstract

Pembelajaran saat ini di SDN 16 Sungai Limau masih terpusat pada guru. Saat pembelajaran guru kurang melibatkan siswa dalam belajar, sehingga siswa menjadi bosan. Guru tidak menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran, tetapi hanya ceramah dan mencatat dipapan tulis. Hal ini terlihat kurangnya aktivitas siswa dalam belajar, dan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah 1) meningkatkan aktivitas siswa dengan menggunakan metode discovery dalam pembelajaran gaya magnet dikelas V SDN 16 Sungai Limau, 2) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode discovery dalam pembelajaran gaya magnet di kelas V SDN 16 Sungai Limau. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 16 Sungai Limau dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) pedoman observasi, 2) catatan tentang kejadian selama tindakan yang diberikan, baik yang positif maupun yang negatif, 3) kuisioner yang diisi oleh siswa setelah pembelajaran selesai, 4) lembaran tes dan hasil ulangan siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif dan analisis persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 5,7 dan meningkat menjadi 7,6 pada siklus II . Sedangkan dilihat dari aktivitas siswa dari siklus I sebesar 62.40% pada siklus II meningkat menjadi 86,7%. Berdasarkan aktivitas dan hasil belajar siswa terlihat bahwa dengan menggunakan metode discovery dapat meningkat dan siswa juga menjadi lebih aktif dalam belajar. Meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa terjadi karena permasalahan yang diajukan sering mereka temui dalam kehidupan sehari-hari, berakibat siswa termotivasi untuk aktif melakukan percobaan dalam kelompoknya. Untuk itu metode discovery dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA MELALUI, METODE DISCOVERY
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 04 Nov 2025 09:38
Last Modified: 04 Nov 2025 09:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28395

Actions (login required)

View Item
View Item