Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06 Pasir Jambak Kecamatan Koto Tangah Padang

Pilko, Surya Ramadani (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06 Pasir Jambak Kecamatan Koto Tangah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SURYA_RAMADANI_PILKO_07491_3080_2011.pdf] Text
final_B1_SURYA_RAMADANI_PILKO_07491_3080_2011.pdf

Download (530kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 06 Pasir Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang menunjukkan bahwa pembelajaran IPS masih didomonasi oleh guru, siswa belum mampu mengemukakan ide-ide terhadap materi yang dipelajari. Banyak model pembelajaran yang dapat digunakan salah satunya adalah model kooperatif tipe think-pair-share. Pembelajaran ini melalui tiga tahap yaitu berpikir, berpasangan dan berbagi. Penggunaan model ini bertujuan agar dalam pembelajaran IPS siswa dapat mengemukakan ide-idenya terhadap pembelajaran dan berbagi dengan pasangannya, selain itu penggunaan model ini juga dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk bekerjasama. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret semester II tahun ajaran 2010/2011 di SD Negeri 06 Pasir Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 32 orang, yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe think-pair-share dapat meningkatkan pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil belajar yang dicapai siswa pada akhir tindakan. Dimana pada aspek kognitif siswa siklus I persentase ketuntasan yang diperoleh adalah 47 %. Siklus II meningkat menjadi 81,2%. Pada aspek afektif siklus I persentase ketuntasan adalah 66,1%. Pada siklus II meningkat menjadi 81,3. Untuk aspek psikomotor siklus I 66,1%, meningkat pada siklus II yaitu 81,3%. Berdasarkan data tersebut maka pembelajaran dengan menggunakan model ini mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model kooperatif Think-Pair-Share, Pembelajaran IPS, Peningkatan hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 04 Nov 2025 09:37
Last Modified: 04 Nov 2025 09:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28391

Actions (login required)

View Item
View Item