Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 18 Koto Luar Kecamatan Pauh Kota Padang

Surya, Defri (2011) Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 18 Koto Luar Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SURYA_DEFRI_07639_2979_2011.pdf] Text
final_B1_SURYA_DEFRI_07639_2979_2011.pdf

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa dalam penyampaian pembelajaran guru bersifat konvensional yang menyebabkan siswa bosan dan tidak aktif dalam proses pembelajaran. Untuk dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi siswa salah satunya dengan menggunakan media gambar. Media gambar adalah suatu media yang bisa menginformasikan pesan pembelajaran, yang bisa mengatasi ruang dan waktu dalam pembelajaran dengan tujuan menarik perhatian dan minat siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri dari : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembaran observasi, pencatatan lapangan, hasil karangan dan dokumentasi.. Penelitian menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Persentase hasil belajar siswa siklus I adalah 68%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Dari analisis data penelitian dapat disimpulkan dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SDN 18 Koto Luar Kec. Pauh Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media gambar, hasil belajar, pembelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 04 Nov 2025 09:35
Last Modified: 04 Nov 2025 09:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28386

Actions (login required)

View Item
View Item