Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 23 Padang

Supartini, Supartini (2011) Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 23 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SUPARTINI_72851_2701_2011.pdf] Text
final_B1_SUPARTINI_72851_2701_2011.pdf

Download (5MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dirumuskan dengan menjelaskan hubungan penggunaan Media Audio Visual terhadap hasil beajar siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Padang. Sehingga tujuan penelitian adalah mendeskripsikan Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap hasil belajar tersebut. Jenis Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional, yang dilaksanakan pada tahun pelajaran 2010/2011 semester 2 (semester genap). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang mengikuti mata pelajaran seni budaya di SMP Negeri 23 Kota Padang yang berjumlah 159 orang. Sedangkan sampel yang ditarik dengan cara purpose random sampling adalah siswa kelas VIII-1 dan kelas VIII-3 SMP Negeri 23 Padang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tingkat kecenderungan media audio visual siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Padang temasuk kategori tinggi dengan tingkat capaian 83,6%. Tingkat kecenderungan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 23 padang dengan tingkat capaian 71,7 termasuk kategori cukup. Hipotesis yang diajukan dalam penelitan ini Ha diterima dan Ho ditolak karena terdapat Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa karena r hitung>rtabel (0,443>0,361). Dan memberikan sumbangan sebesar 19,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mediaaudiovisual, hasilbelajar, senibudaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 04 Nov 2025 05:55
Last Modified: 04 Nov 2025 05:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28373

Actions (login required)

View Item
View Item