Sumarni, Sumarni (2011) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Puzzel di TK Kartini Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_SUMARNI_10081_2011.pdf
Download (693kB)
Abstract
Kemampuan membaca anak usia dini di TK Kartini Sitiung Kabupaten Dharmasraya masih rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengembangkan peningkatan kemampuan membaca melalui permainan puzzle. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah TK Kartini Sitiung Kabupaten Dharmasraya pada kelompok B2 yang berjumlah 15 orang anak. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi dan format hasil penelitian anak selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca anak. Aspek memasangkan benda sesuai dengan pasangannya siklus I 66,6%, naik pada siklus II menjadi 93,3%. Pada aspek mencari kartu kata yang sesuai dengan gambar siklus I 60%, naik pada siklus II menjadi 93,3%. Aspek membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal pada siklus I 60%, naik pada siklus II menjadi 80%. Selanjutnya aspek menyusun puzzle menjadi bentuk utuh pada siklus I 46,7%, naik pada siklus II menjadi 80%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dinyatakan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan membaca anak khususnya melalui permainan puzzle. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan puzzle dalam bermain dapat mengembangkan kemampuan membaca anak usia dini di TK Kartini Sitiung Kabupaten Dharmasraya
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kemampuanmembaca, anakusiadini, permainanpuzzle |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
| Depositing User: | Faldo Aldiasep |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 05:54 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 05:54 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28365 |
