Gustri, Zarti (2011) Kemampuan Menulis Naskah Drama Berdasarkan CerpenSiswa Kelas XI SMA Negeri 16 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ZARTI_GUSTRI_72616_1478_2011.pdf
Download (216kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kemampuan menulis naskah
drama siswa kelas XII SMA Negeri 16 Padang ditinjau dari (1) kemampuan
mengambarkan latar/setting, (2) kemampuan mengambarkan karakter tokoh, dan (3)
kemampuan mengambarkan rangkaian peristiwa dalam naskah drama berdasarkan
cerpen yang dibacanya.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel
penelitian ini berjumlah 32 orang yang diambil dengan teknik proportional random
sampling atau persentase secara acak. Data penelitian diperoleh melalui tes yang
diberikan kepada sampel. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan langkahlangkah
sebagai berikut. Pertama, memeriksa naskah drama yang ditulis siswa sesuai
indikator yang akan diteliti. Kedua, mengolah skor menjadi nilai. Ketiga,
mengelompokkan kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 16 Padang dalam menulis
naskah drama berdasarkan cerpen dengan menggunakan skala 10. Keempat,
menafsirkan kemampuan siswa menulis naskah drama berdasarkan cerpen
berdasarkan rata-rata hitungnya. Kelima, membuat histogram kemampuan siswa kelas
XI SMA Negeri 16 Padang naskah drama berdasarkan cerpen.
Berdasarkan Hasil penelitian, diperoleh simpulan sebagai berikut. Pertama,
kemampuan menulis naskah drama berdasarkan cerpen siswa kelas XI SMA Negeri
16 Padang dilihat dari kemampuan menggambarkan latar/setting dalam naskah drama
berada pada kualifikasi cukup, siswa cukup mampu menggambarkan latar/setting
dalam naskah drama yang ditulisnya. Kedua, kemampuan menulis naskah drama
berdasarkan cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 16 Padang dilihat dari kemampuan
menggambarkan karakter tokoh dalam naskah drama berada pada kualifikasi lebih
dari cukup, siswa sudah mampu menggambarkan karakter tokoh dalam naskah drama
yang ditulisnya. Ketiga, kemampuan menulis naskah drama berdasarkan cerpen siswa
kelas XI SMA Negeri 16 Padang dilihat dari kemampuan menghubungkan rangkaian
peristiwa sehingga melahirkan alur cerita dalam naskah drama berada pada
kualifikasi cukup, siswa cukup mampu menghubungkan rangkaian peristiwa sehingga
melahirkan alur cerita dalam naskah drama dalam naskah drama yang ditulisnya.
Keempat, kemampuan menulis naskah drama siswa berada pada kualifikasi lebih dari
cukup, siswa telah mampu menulis naskah drama berdasarkan cerpen
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 09:35 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 09:35 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28361 |
