Asnah, Asna (2011) Upaya Meningkatkan Minat Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah dengan Model Pembelajaran Numbereded Head Together di SMP Negeri 2 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ASNA_52823_4015_2011.pdf
Download (189kB)
Abstract
Tulisan makalah ini berawal dari kenyataan disekolah , bahwa menurut hasil
pengamatan maka pelajaran IPS- Sejarah kurang diminati oleh siswa. Hal ini terlihat
dari kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran, tidak terlihat hal-hal yang
menjadi ciri-ciri siswa yang berminat dalam proses belajar. Siswa sering minta izin
dan banyak yang tidak mempunyai catatan yang lengkap. Ini dibuktikan lebih kurang
60% siswa memperoleh nilai standar ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan
sekilah yaitu 65. Kurangnya minat siswa pada mata pelajaran IPS-Sejarah
diantaranya disebabkan karena mata pelajaran tersebut tidak dijadikan standar
kelulusan siswa serta kurangnya sarana dan prasarana di sekolah.
Untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran IPS-Sejarah maka
penulis, menerapkan model pembelajaran numbereded head together dalam
pembelajaran IPS-Sejarah.Tujuan penulis menerapkan pembelajran numbereded
head together ini dalam proses pembelajaran adalah untuk meningkatkan minat
siswa.
Dalam penulisan makalah ini penulis mengambil materi pembelajaran tentang
Kongres Pemuda II, sebab pada materi ini penulis melihat kurangnya minat siswa
dalam pembelajaran. Berdasarkan pemantauan penulis pada waktu sebelum
diterapkan model pembelajaran numbereded head together, dan setelah menerapkan
model pembelaran tersebut serta pemantauan terhadap minat siswa nampaklah
peningkatan tehadap minat siswa dalam pembelajaran IPS-Sejarah.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 14:19 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 14:20 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28352 |
