Perbedaan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Ganting Ditinjau dari Penggunaan Teknik Objek Langsung dan Tanpa Objek Langsung

Asmiati, Asmiati (2009) Perbedaan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Ganting Ditinjau dari Penggunaan Teknik Objek Langsung dan Tanpa Objek Langsung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ASMIATI 67161-05-09.pdf] Text
final_B1_ASMIATI 67161-05-09.pdf

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menulis puisi
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Ganting ditinjau dari citraan, majas, dan
kesesuaian antara isi dengan objek. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka
penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) kemampuan menulis puisi siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Ganting ditinjau dari citraan, majas, dan
kesesuaian isi terhadap objek tanpa menggunakan teknik objek langsung, (2)
kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Ganting
ditinjau dari citraan, majas, dan kesesuaian isi terhadap objek dengan
menggunakan teknik objek langsung, (3) perbedaan kemampuan menulis puisi
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Ganting ditinjau dari citraan, majas, dan
kesesuaian isi terhadap objek dengan menggunakan teknik objek langsung dan
tanpa objek langsung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini, siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Padang Ganting yang berjumlah 4 lokal (121 orang). Sampel diambil secara
proportional sampling random yang berjumlah 32 orang (25%). Instrumen yang
digunakan yaitu tes menulis puisi. Variabel yang diteliti adalah kemampuan
menulis puisi bebas tanpa menggunakan teknik objek langsung dan dengan
menggunakan teknik objek langsung. Datanya berupa puisi yang ditulis oleh
siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kemampuan menulis puisi siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Ganting tanpa teknik objek langsung berada
pada kualifikasi cukup, (2) kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Padang Ganting dengan teknik objek langsung berada pada kualifikasi
baik, (3) terdapatnya perbedaan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Padang Ganting dengan teknik objek langsung dan tanpa objek langsung.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Ganting ditinjau dari penggunaan teknik objek
langsung dan tanpa objek langsung, hasilnya lebih baik dengan menggunakan
teknik objek langsung.
Relevan dengan simpulan penelitian, maka direkomendasikan dua hal
sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri
1 Padang Ganting perlu ditumbuhkembangkan karena berdasarkan hasil peneitian,
kemampuan menulis puisi belum mencapai kualifikasi sempurna. Kedua, siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Ganting perlu meningkatkan keterampilan
menulis puisi dengan memperbanyak latihan menulis karena keterampilan
menulis puisi adalah keterampilan membutuhkan banyak latihan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2025 14:19
Last Modified: 03 Nov 2025 14:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28350

Actions (login required)

View Item
View Item