Yunilda, Asmela (2010) Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Instruction pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMAN 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ASMELA_YUNILDA_77533_1378_2010-mipa.pdf
Download (130kB)
Abstract
Lembar Kegiatan Siswa (LKS) merupakan sumber belajar yang
dibutuhkan oleh satuan pendidikan untuk digunakan pada kegiatan praktikum.
SMAN 2 pariaman merupakan salah satu satuan pendidikan dengan ketersediaan
alat dan bahan praktikum yang lengkap. Namun hal ini tidak didukung dengan
adanya LKS yang sesuai dengan kebutuhan siswa. LKS yang digunakan siswa
saat ini adalah LKS yang banyak beredar di pasaran. Pada umumnya LKS tersebut
belum memenuhi kriteria LKS yang baik dan tidak membantu siswa mengaitkan
konsep dengan kehidupan sehari-hari. Alternatif untuk menyelesaikan
permasalahan ini adalah dengan mengembangkan LKS berbasis problem based
instruction (PBI) pada pembelajaran Fisika yang sesuai dengan kriteria LKS yang
baik, membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan autentik, dan dapat
membantu siswa mengkonstruksikan pengetahuannya sendiri.
Jenis penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development
(R&D). Sebagai objek penelitian adalah LKS berbasis PBI. LKS ini
dikembangkan dan disajikan sesuai dengan sintak PBI yang terdiri dari orientasi
masalah, organisasi belajar, penyelidikan ilmiah, pengembangan dan
pengembangan hasil karya, serta analisis dan evaluasi penyelesaian masalah.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembaran penilaian validitas
oleh tenaga ahli dan angket kepraktisan LKS yang diisi oleh siswa kelas X1
SMAN 2 Pariaman. Data yang didapat dianalisis menggunakan metoda grafik.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata
validasi 85,56, artinya LKS yang dibuat memiliki validitas yang baik sekali. Hasil
analisis data angket uji kepraktisan yang diisi siswa mendapatkan nilai rata-rata
75,63, artinya LKS berbasis PBI yang dibuat memiliki kepraktisan baik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 14:18 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 14:18 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28347 |
