Asmawati, Asmawati (2008) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Kuis pada Mata Pelajaran TI dan K di Kelas VII SMP Negeri 1 Pancung soal. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ASMAWATI-71056-2008.pdf
Download (56kB)
Abstract
Teknologi Informasi dan Komonikasi (TI dan K) merupakan mata pelajaran
yang penting untuk menunjang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam
pengembangan dan penggunaan produk teknologi komputer dan internet. Namun
kenyataan di SMP 1 Pancung Soal siswa tidak aktif dan merasa tidak mengenal
tentang Teknologi Informasi dan Komonikasi (TI dan K) tersebut, salah satu
penyebabnya yaitu perangkat komputer tidak ada di sekolah dan sulit untuk
mendapatkan buku sumber (buku teks).
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajr siswa yang
berbentuk penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Pancung Soal. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan
presentatif.
Berdasarkan analisis data pada siklus I dan II, setelah dilakukan tindakan
maka telihat aktivitas belajar siswa meningkat. Selama penelitian berlangsung peneliti
bersama kolaborator mengikuti semua proses serta membuat catatan penting setiap
kejadian. Semua catatan yang diperoleh selama pengamatan tersebut akan dijadikan
bahan diskusi untuk melakukan tindak lanjut kegiatan pada siklus berikutnya.
Temuan penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa baik saat
pelaksanaan kuis, ceramah/ tanya jawab ataupun saat diskusi kelompok. Jadi
pemberian kuis yang dibarengi penguatan sangat membantu dalam peningkatan
aktivitas belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Pancung Soal.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 14:12 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 14:12 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28337 |
