Efriza, Ayu Melya (2017) Komitmen Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_AYU_MELYA_EFRIZA_1300042_4431_2017.pdf [thumbnail of B1_01_AYU_MELYA_EFRIZA_1300042_4431_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_AYU_MELYA_EFRIZA_1300042_4431_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan penulis di Sekolah
Menengah Atas Negeri 8 Padang dengan 5 orang guru di SMAN 8 Padang tanggal
2-7 januari 2017. Terdapat temuan bahwa guru masih kurang berkomitmen dalam
pengelolaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan
informasi mengenai komitmen guru dalam pengelolaan pembelajaran dilihat dari
aspek 1) tanggung jawab guru, 2) kepedulian guru, 3) loyalitas guru, dengan
pertanyaan penelitian 1) seberapa tinggi tanggung jawab guru dalam pengelolaan
pembelajaran di SMAN 8 Padang, 2) seberapa tinggi kepedulian guru dalam
pengelolaan pembelajaran di SMAN 8 Padang. 3) seberapa tinggi loyalitas guru
dalam pengelolaan pembelajaran di SMAN 8 Padang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMAN 8 Padang
yang berjumlah 71 orang. Sampel penelitian berjumlah 59 orang yang ditentukan
berdasarkantabel kjejcie dengan menggunakan teknik proportional stratified
random sampling. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket
model skala Semantik dengan tujuh pilihan jawaban. Angket dinyatakan valid
dengan rho hitung=0,725 dan rho Tabel=0,648 serta reliabel dengan r
11
hitung=0,969 dan r
11
Tabel=0,632 pada taraf kepercayaan 95%. Teknik analisis
data mengunakan rumus rata- rata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen guru dalam pengelolaan
pembelajaran di SMAN 8 Padang pada aspek: 1) tanggung jawab guru dalam
pengelolaan pembelajaran berada pada kategori tinggi dengan skor rata- rata 5,40
dan tingkat capaian77,14%, 2) kepedulian guru dalam pengelolaan pembelajaran
berada pada kategori tinggi dengan skor rata- rata 5,49 dan tingkat capaian
78,42%, 3) loyalitas berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 5,77 dan
tingkat capaian 82,42%. Dapat disimpulkan bahwa komitmen guru dalam
pengelolaan pembelajaran di SMAN 8 Padang berada pada kategori tinggi
dengan skor rata- rata 5,55 dan tingkat capaian 79,28%. Untuk itu diharapkan
kepada guru SMAN 8 Padang agar dapat mempertahankan dan meningkatkan lagi
komitmennya dalam pengelolan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 03:28 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 03:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2833 |