Pelaksanaan Prosedur Kerja Roomboy di Premier Basko Hotel Kota Padang

Setiawati, Desi Eka (2014) Pelaksanaan Prosedur Kerja Roomboy di Premier Basko Hotel Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_15_DESI_EKA_SETIAWATI_16506_3346_2014.pdf] Text
final_B1_15_DESI_EKA_SETIAWATI_16506_3346_2014.pdf

Download (940kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari informasi yang peneliti dapatkan berdasarkan
guest comment periode September-Desember 2013 terjadi keluhan tamu terkait
pada prosedur kerja roomboy, meliputi kebersihan kamar, kelengkapan guest
supplies, kerapian, serta pelayanan roomboy. Sementara prosedur kerja roomboy
dapat dilihat dari standard operational procedure, terdiri dari grooming &
behavior, preperation trolley cart, striping & dusting, making bed, cleaning the
bath room, set up guest supplies dan rechecking. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan prosedur kerja roomboy di Premier
Basko Hotel Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif.
Penelitian ini dilaksanakan di Premier Basko Hotel Kota Padang. Sampel sumber
data adalah roomboy, supervisor floor, dan executive housekeeper di Premier
Basko Hotel Kota Padang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi, wawancara, dan dokumentasi selanjutnya data dianalisis menggunakan
model Miles dan Huberman dengan melakukan tiga tahapan yaitu: reduksi data,
display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara umum pelaksanaan prosedur
kerja roomboy yaitu: 1) Terdapat 18,1% dari sebelas roomboy yang tidak
menjalankan prosedur kerja dengan baik pada pelaksanaan grooming, 2) Terdapat
72,7% dari sebelas roomboy tidak melaksanakan prosedur kerja secara baik dan
benar pada preparation routine trolley cart, 3) Terdapat 45,4% dari sebelas
roomboy yang tidak melakukan striping secara baik dan benar, dan dalam
pelaksanaan dusting semua roomboy sudah melakukan secara baik dan sesuai
dengan prosedur, 4) Terdapat 81,8% dari sebelas roomboy yang tidak melakukan
prosedur making bed secara baik dan benar, 5) 100% atau semua roomboy tidak
melakukan prosedur cleaning the bath room dengan baik dan tidak sesuai dengan
prosedur kerja, 6) Terdapat 63,6% dari sebelas roomboy yang melakukan seet up
guest supplies tidak sesuai dengan prosedur kerja, 7) Terdapat 27,2% dari sebelas
roomboy yang tidak menjalankan prosedur rechecking secara baik dan benar
tidak sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Kesimpulan dari penelitian ini
masih kurangnya pemahaman roomboy mengenai pelaksanaan prosedur kerja
make up room pada kamar yang berstatus vacant dirty di Premier Basko Hotel
Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Hospitality > Hoaspitality Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 03 Nov 2025 14:10
Last Modified: 03 Nov 2025 14:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28329

Actions (login required)

View Item
View Item