Yulfiana, Dita (2015) Kepuasan Kerja Karyawan di Hotel Aliga Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_15_DITA_YULFIANA_55586_2501_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti sewaktu melaksanakan
 Pengalaman Lapangan Industri (PLI) di Hotel Aliga Padang. Peneliti menemukan
 kurangnya kepuasan kerja karyawan yang terlihat dari: kurang puasnya karyawan
 terhadap pekerjaannya, lemahnya supervisi dari atasan, kurangnya pelatihan untuk
 karyawan, adanya keterlambatan dalam gaji, kurang inisiatif untuk membantu
 rekan kerja, serta kondisi kerja yang kurang nyaman. Penelitian ini bertujuan
 untuk mendeskripsikan kepuasan kerja karyawan di Hotel Aliga Padang yang
 meliputi 6 indikator yaitu: isi pekerjaan, supervisi, kesempatan untuk maju, gaji,
 rekan kerja dan kondisi kerja.
 Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi
 penelitian ini adalah seluruh karyawan di Hotel Aliga Padang berjumlah 58 orang.
 Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling (58
 orang). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner
 (angket) dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan
 reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskriptif dengan
 metode pengkategorian penilaian berdasarkan rerata skor dan persentase
 penilaian.
 Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara umum kepuasan kerja
 karyawan di Hotel Aliga Padang tergolong pada kategori cukup puas dengan rata
rata 104,74 yang berada pada rentang 87,7- <107,2. Sedangkan berdasarkan
 masing-masing indikator yaitu: (1) isi pekerjaan tergolong pada kategori cukup
 puas dengan rata-rata 18,84 yang berada pada rentang 15,7– <19,2, (2) supervisi
 tergolong pada kategori cukup puas dengan rata-rata 19,19 yang berada pada
 rentang 15,7– <19,2, (3) kesempatan untuk maju tergolong pada kategori cukup
 puas dengan rata-rata 18,24 yang berada pada rentang 15,7– <19,2, (4) gaji
 tergolong pada kategori cukup puas dengan rata-rata 12,86 yang berada pada
 rentang 11,2– <13,7, (5) rekan kerja tergolong pada kategori cukup puas dengan
 rata-rata 19,02 yang berada pada rentang 15,7– <19,2 (6) kondisi kerja tergolong
 pada kategori puas dengan rata-rata 16,59 yang berada pada rentang 16,5– <19,5
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | Hospitality > Hoaspitality Management | 
| Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 14:09 | 
| Last Modified: | 03 Nov 2025 14:09 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28326 | 
         