Kepuasan Kerja Karyawan di Hotel Aliga Padang

Yulfiana, Dita (2015) Kepuasan Kerja Karyawan di Hotel Aliga Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_15_DITA_YULFIANA_55586_2501_2015.pdf] Text
final_B1_15_DITA_YULFIANA_55586_2501_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti sewaktu melaksanakan
Pengalaman Lapangan Industri (PLI) di Hotel Aliga Padang. Peneliti menemukan
kurangnya kepuasan kerja karyawan yang terlihat dari: kurang puasnya karyawan
terhadap pekerjaannya, lemahnya supervisi dari atasan, kurangnya pelatihan untuk
karyawan, adanya keterlambatan dalam gaji, kurang inisiatif untuk membantu
rekan kerja, serta kondisi kerja yang kurang nyaman. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan kepuasan kerja karyawan di Hotel Aliga Padang yang
meliputi 6 indikator yaitu: isi pekerjaan, supervisi, kesempatan untuk maju, gaji,
rekan kerja dan kondisi kerja.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi
penelitian ini adalah seluruh karyawan di Hotel Aliga Padang berjumlah 58 orang.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling (58
orang). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner
(angket) dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskriptif dengan
metode pengkategorian penilaian berdasarkan rerata skor dan persentase
penilaian.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara umum kepuasan kerja
karyawan di Hotel Aliga Padang tergolong pada kategori cukup puas dengan rata
rata 104,74 yang berada pada rentang 87,7- <107,2. Sedangkan berdasarkan
masing-masing indikator yaitu: (1) isi pekerjaan tergolong pada kategori cukup
puas dengan rata-rata 18,84 yang berada pada rentang 15,7– <19,2, (2) supervisi
tergolong pada kategori cukup puas dengan rata-rata 19,19 yang berada pada
rentang 15,7– <19,2, (3) kesempatan untuk maju tergolong pada kategori cukup
puas dengan rata-rata 18,24 yang berada pada rentang 15,7– <19,2, (4) gaji
tergolong pada kategori cukup puas dengan rata-rata 12,86 yang berada pada
rentang 11,2– <13,7, (5) rekan kerja tergolong pada kategori cukup puas dengan
rata-rata 19,02 yang berada pada rentang 15,7– <19,2 (6) kondisi kerja tergolong
pada kategori puas dengan rata-rata 16,59 yang berada pada rentang 16,5– <19,5

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Hospitality > Hoaspitality Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 03 Nov 2025 14:09
Last Modified: 03 Nov 2025 14:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28326

Actions (login required)

View Item
View Item