Asmawati, Asmawati (2011) Peningkatan Hasil Belajar Pengukuran Keliling dan Luas Bangun Datar Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas IV SDN 07 Ampang Kecamatan Kuranji Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ASMAWATI_09442_2011.pdf
Download (119kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar pengukuran keliling dan luas bangun datar pada
siswa kelas IV SDN 07 Ampang kecamatan Kuranji Kota Padang disebabkan karena
pembelajaran berpusat pada guru (teacher center). Siswa kurang terlibat aktif dan
proses pembelajaran tidak berlangsung sesuai dengan apa yang diharapkan. Hasil
belajar siswa menjadi rendah. Salah satu upaya untuk meningktakan hasil belajar
siswa adalah dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning
(CTL) dalam pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk
perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran pengukuran keliling dan luas
bangun datar pada siswa kelas IV SDN 07 Ampang kecamatan Kuranji Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dua siklus.
Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai guru praktisi dan sisa kelas IV SDN 07
Ampang yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2010-2011. Data penelitian
diperoleh melalui observasi, wawancara, pencatatan lapangan dan tes.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan rata-rata kelas hasil belajar siswa
pada siklus I adalah 6,5 dengan persentase ketuntasan belajarnya adalah 45%. Pada
siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 7,8 dengan persentase
ketuntasan yang diperoleh adalah 80%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan
pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar pengukuran keliling dan luas
bangun datar pada siswa kelas IV SDN 07 Ampang kecamatan Kuranji kota Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pendekatan CTL, Hasil Belajar, Keliling dan Luas Bangun Datar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 14:08 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 14:09 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28322 |
