Husna, Asmaul (2009) Hubungan antara Persepsi tentang Jurusan yang Ditempati dengan Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ASMAUL_HUSNA_63808_05_09.pdf
Download (122kB)
Abstract
Penentuan jurusan siswa hendaknya didasarkan pada data yang lengkap
mengenai bakat, minat, kemauan, cita-cita, keinginan orangtua dan potensi
lainnya. Penerimaan siswa baru SMA/SMK dan sederajat sekarang ini melalui
sistem online, siswa yang memilih SMK juga langsung memilih jurusan yang
diinginkannya, sehingga ada siswa yang belum mengerti dengan jurusan yang
dipilihnya. Hal ini diduga akan berpengaruh terhadap persepsi tentang jurusan
yang ditempatinya. Jika siswa cocok dengan jurusan yang ditempatinya diduga
mereka dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan baik dan siswa yang
kurang sesuai dengan jurusannya diduga akan mengalami masalah dalam belajar
seperti menurunnya motivasi belajar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini
adalah terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi tentang jurusan yang
ditempati dengan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan persepsi tentang jurusan yang ditempati dan motivasi belajar
siswa SMK Negeri 9 Padang serta melihat hubungan persepsi tentang jurusan
yang ditempati dengan motivasi belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 9 Padang kelas X dan
XI yang berjumlah 330 orang dan jumlah sampel 85 orang dengan teknik
pengambilan sampel Proportional Stratified Random Sampling. Alat pengumpul
data berupa angket. Data diolah dengan program SPSS versi 12,00 dengan teknik
Korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Analisis data adalah analisis
deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase dan skor ideal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi siswa SMK Negeri 9
tentang jurusan yang ditempatinya tergolong baik, (2) Motivasi belajar siswa
SMK Negeri 9 Padang tergolong tinggi (3) Persepsi siswa tentang jurusan yang
ditempati memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini untuk lebih meningkatkan motivasi belajar siswa,
maka dapat disarankan yaitu: (1) diharapkan kepada pihak sekolah untuk
menempatkan siswa pada jurusan yang sesuai dengan diri siswa, memperkenalkan
dan memberi pemahaman tentang jurusan yang akan dipilih oleh siswa yang akan
masuk ke SMK dengan cara mempromosikannya. (2) Guru pembimbing dan guru
mata pelajaran serta guru praktik perlu memperhatikan kebutuhan siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 14:08 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 14:08 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28319 |
