Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Rao Selatan

Awaluddin, Awaluddin (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Rao Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_AWALUDDIN_14065032_3968_2018.pdf] Text
B1_05_AWALUDDIN_14065032_3968_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Rao Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi-Eksperimental dengan rancangan Time Series Design. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive. Desain ini tidak menggunakan kelompok kontrol sehingga hanya menggunakan satu kelompok sampel penelitian kelas X TAV 1A. Eksperimen I menggunakan model pembelajaran langsung dan eksperimen II menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Teknik pengumpulan data melaui post-test yang diadakan setiap pertemuan yaitu sebanyak 2 kali untuk kelas eksperimen I dan 2 Kali untuk kelas eksperimen II, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen I didapatkan nilai rata-rata 73,22 sedangkan kelas eksperimen II mendapatkan nilai rata-rata 81,00. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 didapatkan t hitung > t tabel yaitu 2,610 > 1,690. karena t hitung besar dari t tabel , maka hipotesis nihil (H 0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (H a ) diterima. Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) memberikan peningkatan hasil belajar sebesar 10,62%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika siswa kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Rao Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Model Pembelajaran Think Pair Share Pembelajaran Langsung
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2025 14:07
Last Modified: 03 Nov 2025 14:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28317

Actions (login required)

View Item
View Item