Awaluddin, Awaluddin (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Rao Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_AWALUDDIN_14065032_3968_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Rao Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi-Eksperimental dengan rancangan Time Series Design. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive. Desain ini tidak menggunakan kelompok kontrol sehingga hanya menggunakan satu kelompok sampel penelitian kelas X TAV 1A. Eksperimen I menggunakan model pembelajaran langsung dan eksperimen II menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Teknik pengumpulan data melaui post-test yang diadakan setiap pertemuan yaitu sebanyak 2 kali untuk kelas eksperimen I dan 2 Kali untuk kelas eksperimen II, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen I didapatkan nilai rata-rata 73,22 sedangkan kelas eksperimen II mendapatkan nilai rata-rata 81,00. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 didapatkan t hitung > t tabel yaitu 2,610 > 1,690. karena t hitung besar dari t tabel , maka hipotesis nihil (H 0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (H a ) diterima. Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) memberikan peningkatan hasil belajar sebesar 10,62%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika siswa kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Rao Selatan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Model Pembelajaran Think Pair Share Pembelajaran Langsung |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
| Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 14:07 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 14:08 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28317 |
