Penggunaan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa dalam Penbelajaran IPS di Kelas V SD 34 Simpang Haru Padang

Asmaniar, Asmaniar (2011) Penggunaan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa dalam Penbelajaran IPS di Kelas V SD 34 Simpang Haru Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ASMANIAR_90371_2011.pdf] Text
final_B1_ASMANIAR_90371_2011.pdf

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah dalam pembelajaran IPS
terutama pada sejarah perjuangan bangsa dalam melawan penjajahan Belanda dan
Jepang cenderung menggunakan metode konvensional, siswa kurang berkreasi
karena kebanyakan siswa hanya menerima perintah dari guru, akhirnya
pembelajaran IPS tidak bermakna bagi siswa, sehingga nilai yang dihasilkan
tidak memuaskan. Untuk mengatasi permasalahan itu, maka metode Inkuiri
adalah salah satu metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS bagi
siswa kelas V SD 34 Simpang Haru Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Resaarch), penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan
dengan 2 siklus secara kolaboratif antar penulis dan observer. Data penelitian
berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil
pengematan dan catatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPS dengan
menggunakan metode Inkuiri. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V
S D 34 Simpang Haru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Inkuiri dapat meningkatkan
hasil belajar IPS bagi siswa kelas V SD 34 Simpang Haru. Hal ini dibuktikan
denganperolehan nilai rata-rata ketuntasan siklus I Pertemuan pertama adalah
66% dan siklus I pertemuan kedua dengan ketuntasan 73 % dan siklus II dengan
ketuntasan belajar 86 %. Maka disimpulkan bahwa menggunakan metode Inkuiri
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2025 14:07
Last Modified: 03 Nov 2025 14:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28315

Actions (login required)

View Item
View Item