Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 32 Bungo Pasang Kecamatan Koto Tangah

Yunita, Asma (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 32 Bungo Pasang Kecamatan Koto Tangah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ASMA_YUNITA_90532_272_2011.pdf] Text
final_B1_ASMA_YUNITA_90532_272_2011.pdf

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan meningkatkan hasil
belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pengalaman peneliti pada tahun
pembelajaran 2009/2010 hasil belajar siswa masih rendah, serta dalam
pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru masih menggunakan pendekatan yang
tidak berpariasi. Hal ini mengakibatkan nilai siswa rendah, yakni pencapaian nilai
rata-rata siswa secara klasikal adalah 5,4.
Untuk itu dengan berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menyalurkan
berbagai fakta dan konsep-konsep tersebut, salah satunya adalah dengan
melakukan pembaharuan pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran. Salah
satu pendekatan dalam pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan hasil belajar
siswa yaitu dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses yang mana
pendekatan ini menuntut siswa untuk bisa menemukan sendiri informasi dari
masalah-masalah yang dihadapi dalam pembelajaran IPA.
Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian proses,
penilaian hasil, format pencatatan lapangan, rambu-rambu keberhasilan mengajar
guru, dan rambu-rambu analisis karakteristik pendekatan keterampilan proses dari
aspek guru dan siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan
menggunakan tes dan menguji ketuntasan belajar dengan persentase. Dari nilai
rata-rata hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses
pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Jumlah siswa kelas V SD
Negeri 32 Bungo Pasang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang adalah 26 orang
dengan siswa laki-laki 16 orang dan siswa perempuan 10 orang. Nilai siklus I
pertemuan pertama nilai siswa 62,69 dan 68,27. Dan pada siklus II nilai siswa
yaitu 79,77. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA
dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas V SD Negeri 32 Bungo Pasang Kecamatan Koto Tangah Kota
Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2025 14:07
Last Modified: 03 Nov 2025 14:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28312

Actions (login required)

View Item
View Item