Putri, Aulia Wiyora (2019) Kontribusi Kejenuhan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Full Day School di SMP Negeri 4 Dumai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_AULIA_WIYORA_PUTRI_115006114_1815_2019.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya siswa yang memiliki motivasi belajar rendah di full day school. Motivasi belajar adalah suatu usaha atau kondisi psikologis seseorang yang mendorong untuk melakukan kegiatan belajar agar mencapai tujuan belajar. Salah satu faktor yang diduga mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah kejenuhan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tingkat motivasi belajar siswa full day school, (2) tingkat kejenuhan belajar siswa, dan (3) menguji kontribusi kejenuhan belajar terhadap motivasi belajar siswa full day school.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 900 siswa SMP Negeri 4 Dumai yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 dan sampel sebanyak 90 siswa yang dipilih dengan Stratified Random Sampling. Instrument yang digunakan model skala Likert. Data dianalisis dengan bantuan program SPSS for windows 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan secara umum bahwa (1) motivasi belajar siswa full day school berada pada kategori tinggi dengan persentase keseluruhan 67,4%, (2) kejenuhan belajar siswa berada pada kategori sedang dengan persentase keseluruhan 53,5%, dan (3) kontribusi kejenuhan belajar terhadap motivasi belajar siswa full day school sebesar 38,1%. Semakin tinggi tingkat kejenuhan belajar maka motivasi belajar siswa semakin rendah dan sebaliknya.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi guru BK untuk membuat rancangan program layanan BK di SMP Negeri 4 Dumai.layanan yang dapat diberikan yaitu, layanan informasi, layananan konseling individual, layanan bimbingan kelompok, dan layanan konseling kelompok.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar Kejenuhan Belajar |
| Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
| Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 14:07 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 14:07 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28311 |
