Ulhusna, Asma (2011) Upaya Meningkatkan Pengembangan Seni Rupa Anak Melalui Kegiatan Menggambar di TK Manunggal XVII Pad. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ASMA_ULHUSNA_07765_2375_2011.pdf
Download (169kB)
Abstract
Kemampuan dan minat anak dalam menggambar di Kelompok B 1 TK
Manunggal XVII Padang Sago masih rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini
adalah untuk meningkatkan pengembangan seni rupa anak melalui kegiatan
menggambar. Sebagai pelaksana penelitian ini adalah Asma Ulhusna dengan
subjek penelitian murid kelompok B I di TK Manunggal XVII Padang Sago.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( clasroom Action
Reaserch ) yaitu suatu penelitian yang meningkatkan mutu pembelajaran. Data
penelitian diperoleh melalui obsevasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas
ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian setiap siklus telah menunjukkan
adanya peningkatan tentang pengembangan seni rupa anak, pada siklus I
kemampuan anak dalam menggambar masih rendah, setelah dilakukan tindakan
pada siklus II terjadi peningkatan.
Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan dinyatakan bahwa
terjadinya peningkatan kemampuan seni rupa anak melalui kegiatan menggambar,
sebelum tindakan persentase kemampuan anak 20.8 %, pada siklus I 50.06 % ,
sedangkan pada siklus II 85.4 %. hal ini menunjukkan bahwa kemampuan
menggambar anak mengalami peningkatan dari sebelum tindakan sampai
dilakukan siklus II . Jadi bisa disimpulkan bahwa kegiatan menggambar dapat
meningkatkan pengembangan seni rupa anak.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 14:06 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 14:06 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28309 |
