Yeni, Asma Febri (2011) Permainan Kotak Pintar Berhuruf Awal Nama-nama Benda untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak di TK Aisyiyah 27 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ASMA_FEBRIYENI_51047_2011.pdf
Download (224kB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di
TK Aisyiyah 27 Padang, dalam kenyataan yang peneliti lihat bahwa kemampuan
berbahasa anak masih rendah. Hal ini disebabkan karena guru mengajarkan dalam
mengenal huruf kepada anak dengan menuliskan huruf satu persatu di papan tulis
dengan menggunakan media dan alat permainan seadanya sehingga membuat anak
menajdi bosan dan kurang berminat dalam mengenal huruf. Salah satu upaya yang
diperkirakan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam pembelajaran
anak usia dini adalah dengan menggunakan permainan kotak pintar dalam
pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan
menggunakan permainan kotak pintar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa
pada anak kelompok B1 di TK Aisyiyah 27 Padang? Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan permainan kotak pintar
dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok B1 TK Aisyiyah 27
Padang.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian
anak TK kelompok B1 di TK Aisyiyah 27 Padang tahun pelajaran 2010/2011
sebanyak 19 orang yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 10 orang anak
perempuan. Data tentang kemampuan berbahasa anak dalam pembelajaran diperoleh
dari lembar observasi yang dianalisis dengan teknik persentase.
Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase kemampuan berbahasa
anak dalam proses pembelajaran anak kategori mampu sebelum tindakan adalah
24,2%, pada siklus I rata-ratanya 56,8% sedangkan pada siklus II rata-ratanya 86,4%.
Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa anak mengalami peningkatan
dari sebelum dilakukan tindakan sampai dilakukan siklus II. Jadi, dapat disimpulkan
bahwa penggunaan permainan kotak pintar dalam pembelajaran dapat meningkatkan
kemampuan berbahasa anak.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 14:05 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 14:05 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28307 |
