Pengaruh LKS IPA Berorientasi Contextual Teaching And Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Painan

Nesa, Aulia Gusti (2016) Pengaruh LKS IPA Berorientasi Contextual Teaching And Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_AULIA_GUSTI_NESA_1201402_5156_2016.pdf] Text
B1_05_AULIA_GUSTI_NESA_1201402_5156_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya kompetensi IPA salah satunya disebabkan oleh penggunaan lembar kerja Siswa yang belum mendukung model pembelajaran yang dipilih guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh LKS IPA Berorientasi Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Painan.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas VIII SMPN 2 Painan yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian adalah kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII1 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi kompetensi dari tiga ranah yaitu ranah afektif, kognitif, dan psikomotor. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk ranah afektif, tes hasil belajar untuk ranah kognitif dan lembar penilaian kerja untuk ranah psikomotor. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05.
Berdasarkan analisis data diperoleh kompetensi IPA peserta didik pada ranah afektif, psikomotor dan kognitif pada kelas eksperimen masing-masing 82,675; 84,81214; dan 82,35 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 75,15; 79,20143; dan 75,65. Hasil uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan uji t, didapatkan t hitung untuk masing-masing ranah afektif, psikomotor dan kognitif yaitu 3,091; 2,67471; dan 3,1149. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Lembar Kerja Siswa Berorientasi Contextual Teaching And Learning memberikan pengaruh berarti pada taraf nyata 0,05 terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VIII SMPN 2 Painan pada Ranah afektif, kognitif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar (Ilmu Pengetahuan Alam) IPA Lembaran Kerja Siswa (LKS)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2025 14:05
Last Modified: 03 Nov 2025 14:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28304

Actions (login required)

View Item
View Item