Pengaruh Penggunaan Media Visual Prezi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Desain Produk di SMK N 4 Padang

Arifani, Aulia (2017) Pengaruh Penggunaan Media Visual Prezi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Desain Produk di SMK N 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_AULIA_ARIFANI_1205387_5727_2017.pdf] Text
B1_05_AULIA_ARIFANI_1205387_5727_2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pembelajaran siswa dalam mata pelajaran Desain Produk di SMK Negeri 4 Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media visual prezi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Desain Produk di SMK Negeri 4 Padang.
Penelitian ini merupakan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa Kriya Tekstil156 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XKT Asebagai kelas eksperimen dari 32 siswa dan kelas XKT B sebagai kelas contoh dari 32 siswa. Teknik data yg digunakan untuk pengolahan adalah purposive sampling. Kedua kelas akan segera menjadi tempat penelitian.
Setelah pengujian hipotesis diperoleh thitung = 7.995 dan t i tabel = 2,037, ini menunjukkan bahwa t hitung > ttabel. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan media visual prezi berbeda secara signifikan dengan hasil belajar menggunakan media konvensional. Berdasarkan hasil hipotesis tersebut, dijelaskan bahwa penggunaan media visual prezi berpengaruh pada hasil belajar siswa SMK Negeri 4 Padang.
Penggunaan media visual prezi sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitimenyarankan sekolah, terutama guru mata pelajaran Desain Produk untuk mencoba menggunakan media visual prezi dalam proses pembelajaran. Agar pembelajaran menggunakan media visual prezi berjalan dengan baik, guru sebaiknya terlebih dahulu menguasai cara pelaksanaan prezi media visual.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Media Visual Prezui
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2025 14:03
Last Modified: 03 Nov 2025 14:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28300

Actions (login required)

View Item
View Item