Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Group To Group Exchange terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMK N 5 Padang

Hardianto, Andrye (2015) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Group To Group Exchange terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMK N 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_ANDRYE_HARDIANTO_05034_961_2016.pdf] Text
B1_05_ANDRYE_HARDIANTO_05034_961_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang berpusat pada guru, membuat hasil belajar siswa masih rendah . Untuk itu, diperlukan suatu strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga kompetensi Fisika siswa meningkat. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan adalah strategi pembelajaran aktif tipe group to group exchange. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menyelidiki pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe group to group exchange. terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK N 5 Padang pada ranah kognitif dan ranah afektif.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Pretest-postest Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI SMK N 5 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian berupa tes akhir untuk ranah kognitif, dan lembar penilaian observasi untuk hasil belajar ranah afektif Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis kerja yang berbunyi ”terdapat pengaruh yang berarti dari penerapan strategi pembelajaran aktif tipe group to group exchange terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMK N 5 Padang” secara kuantitatif dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Dengan demikian, penerapan strategi pembelajaran aktif tipe group to group exchange dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada pada ranah kognitif dan ranah afektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Group Exchange Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2025 13:59
Last Modified: 03 Nov 2025 13:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28290

Actions (login required)

View Item
View Item