Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 2 Payakumbuh

Devid, Andre (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_ANDRE_DEVID_1302373_3362_2017.pdf] Text
B1_05_ANDRE_DEVID_1302373_3362_2017.pdf

Download (6MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Payakumbuh Tahun Ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain posttest-only control design. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai kelas kontrol adalah X TAV 1 menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas eksperimen adalah X TAV 2 menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD).Teknik pengumpulan data dari nilai akhir hasil belajar, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 76,31, sedangkan kelas Kontrol mendapatkan nilai rata-rata 72,67. Hasil perhitungan hipotesis menunjukan bahwa thitung memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan dengan ttabel yaitu thitung =2,48 > ttabel =2,01 pada taraf nyata 0,05 maka hipotesis nol (Ho) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil nilai rata-rata siswa didapatkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) memiliki pengaruh sebesar 5% terhadap hasil belajar mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar. Hal ini membuktikan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) dengan pendekatan Saintifik tipe Problem Based Learning pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar kelas X Teknik Audio Video di SMKN 2 Payakumbuh

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Student Teams Achievement
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2025 13:56
Last Modified: 03 Nov 2025 13:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28282

Actions (login required)

View Item
View Item