Maulidia, Astri (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Pembuatan Master Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK N 1 Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_ASTRI_MAULIDIA_1206210_4967_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe Scramble adalah suatu model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk bekerja sama satu sama lainnya dalam proses belajar mengajar berbentuk kelompok. Model pembelajaran ini diintegrasikan dengan pendidikan karakter dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat pembuatan master kelas X teknik audio video SMK Negeri 1 Sumatera Barat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X.TAV SMK Negeri 1 Sumatera Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk objektif. Tes berjumlah 27 butir soal yang telah diuji validitas dan realibilitasnya, untuk menguji hipotesis menggunakan uji t-test Polled Varians. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble sebesar 81,17 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran langsung sebesar 74,85.
Hasil uji t-test Polled Varians diperoleh thitung = 3,16 sedangkan ttabel = 1.713872. Karena thitung > ttabel (3,16 > 1.713872) sehingga hipotesis alternative (H1) diterima atau menolak hipotesis nihil (Ho), secara keseluruhan diperoleh bahwa pada kelas eksperimen jauh lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol dengan persentase pengaruh 8,44% dengan demikian ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat pembuatan master siswa kelas X teknik audio video SMK Negeri 1 Sumatera Barat.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar Model pembelajaran Scramble model pembelajaran koperatif Model pembelajaran konvensional T-test |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
| Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 10:34 |
| Last Modified: | 31 Oct 2025 10:34 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28278 |
