Rahayu, Silvia (2022) Pengaruh Praktek Kerja Industri (Prakerin) Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 4 Pariaman Program Keahlian Teknik Geomatika. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_SILVA_RAHAYU_17061071_3259_2022.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Praktek Kerja Industri
terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Geomatika SMK
Negeri 4 Pariaman. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Geomatika SMK
Negeri 4 Pariaman, yang berjumlah 21 siswa.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan
dokomentasi. Angket digunakan untuk mengukur variabel Praktek Kerja Industri
dan Kesiapan Kerja Siswa. Sementara dokumentasi berisikan tentang nama siswa,
nilai hasil Prakerin siswa, serta tempat siswa Prakerin. Pengujian instrumen
dilaksanakan di SMK Negeri 4 Pariaman pada siswa kelas XI Program Keahlian
Teknik Geomatika yang berjumlah 30 siswa. Adapun teknik analisis data yang
digunakan adalah uji prasyarat analisis dengan uji linieritas, serta uji hipotesis yang
digunakan adalah analisis regresi sederhana.
Hasil penelitan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan
signifikan Praktek Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII XII
Program Keahlian Teknik Geomatika SMK Negeri 4 Pariaman yang ditunjukkan
rxy sebesar 0,757, koefisien determinasi (r2 xy) sebesar 0,574 dan thitung (5,056) >
ttabel (1,729). Berdasarkan koefisien determinasi (r2 xy) 0,574 artinya 57,4 %
Kesiapan Kerja siswa dipengaruhi oleh Praktik Kerja Industri, sementara sisanya
42,6% dipengaruhi oleh faktor lain.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1 |
| Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 08:24 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 08:24 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28273 |
