Peningkatan Hasil Belajar pada Luas Bangun Datar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SDN 10 Lubuk Layang

Rahmayetti, Rahmayetti (2011) Peningkatan Hasil Belajar pada Luas Bangun Datar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SDN 10 Lubuk Layang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RAHMAYETTI_09802_2011.pdf] Text
final_B1_RAHMAYETTI_09802_2011.pdf

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran lebih banyak menggunakan
metode konvensional, sehingga kegiatan pembelajaran lebih banyak didominasi oleh guru, sehingga
suasana belajar terkesan kaku. Guru hanya memberikan penjelasan‐penjelasanyang bersifat kognitif saja.
Guru belum mampu menciptakan suasana belajar yang melibatkan siswa untuk berperan aktif, yang
membimbing anak untuk berfikir logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif serta kemampuan untuk bekerja
sama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan, pelaksanaan dan hasil belajar
matematika pada luas bangun datar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di Kelas V SDN 10
Lubuk Layang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian
Tindakan Kelas. Selama pelaksanaan pembelajaran guru kelas IV bertindak sebagai observer.
Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data selama penelitian berlangsung.
Hasil tes siswa pada siklus 1 pertemuan 1 telah menunjukkan perubahan yang signifikan dengan
rata‐rata 82,35, pertemuan 2 dengan rata‐rata 78,82. Hasil tes siswa pada siklus 2 pertemuan 1 dengan
rata‐rata 80,00 sedangkan pertemuan 2 dengan rata‐rata 83,53. Hasil tes ini menunjukkan adanya
peningkatan nilai dari siklus 1 ke siklus 2. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada luas bangun datar. Dengan demikian
pembelajaran kooperatif tipe STAD terbukti efektif digunakan untuk mata pelajaran matematika pada
luas bangun datar bagi siswa kelas V SDN 10 Lubuk Layang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LUAS BANGUN DATAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 31 Oct 2025 04:20
Last Modified: 31 Oct 2025 04:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28260

Actions (login required)

View Item
View Item