Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pedekatan Saintifik Untuk Kelas X SMA Negeri 4 Padang

Afrinaldi, Afrinaldi (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pedekatan Saintifik Untuk Kelas X SMA Negeri 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_AFRINALDI_1101219_6082_2016.pdf] Text
B1_01_AFRINALDI_1101219_6082_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pemerintah selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikandengan mengembangkan kurikulum 2013. Hal yang paling menonjol dalam kurikulum 2013 adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik.Untuk membantu pelaksanaan pendekatan saintifik maka diperlukan bahan ajar yang mendukung dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai.Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik.Perangkat yang dikembangkan yaitu RPP dan bahan ajar berupa LKS.
Model pengembangan yang digunakan yaitu model McKenney. Model tersebut terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary, prototyping, dan assessment.Tahap preliminarymeliputianalisis struktur isi, analisis konsep, dan analisi siswa.Tahap prototyping terdiri atas prototype I, prototype II, dan prototype III.Pada prototype 1 dilakukan self evaluation dan expert review untuk menguji validitas.Pada prototype 2 dilakukan one to one evaluation.Pada prototype 2dilakukanfield test untuk menguji praktikalitas.Tahap assessmentmelihat hasil belajar dari siswa untuk menguji efektifitas produk.
Bedasarkan hasil validasi LKS dan RPP oleh pakar matematika menujukan bahwa LKS sudah valid dengan kriteria kelayakan isi, manfaat untuk membantu pelaksanaan pembelajaran, bahasa yang digunakan, penyajian dan menarik. Berdasarkan hasil angket pada diperoleh LKS sudah praktis dengan kriteria kemudahan penggunaan LKS, dapat membatu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, bermanfaat untuk siswa dalam memahami konsep, waktu pelaksanaan yang sesuai, dan kendala yang dihadapi/dirasakan. Berdasarkan hasil tes akhir diketahui bahwa LKS sudah praktis dengan persentase ketuntasan kelas yaitu 87,5%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 27 Feb 2025 03:27
Last Modified: 27 Feb 2025 03:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2826

Actions (login required)

View Item
View Item