Hubungan Marketing Mix dengan Keputusan Pembelian Kamar di Grand Inna Muara Hotel Padang

Putra, Marda Yogi (2014) Hubungan Marketing Mix dengan Keputusan Pembelian Kamar di Grand Inna Muara Hotel Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_15_MARDA_YOGI_PUTRA_16515_4161_2014.pdf] Text
final_B1_15_MARDA_YOGI_PUTRA_16515_4161_2014.pdf

Download (775kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang marketing
mix di Grand Inna Muara Hotel Padang mendeskripsikan keputusan pembelian
kamar di Grand Inna Muara Hotel Padang, dan menganalisis hubungan Marketing
mix dengan keputusan pembelian kamar di Grand Inna Muara Hotel Padang.
Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini
adalah tamu individu yang menginap di Grand Inna Muara Hotel Padang
berjumlah 1787 orang dengan jumlah sampel 95 orang. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan mengunakan skala
Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis
melalui analisis deskripsi dan korelasi dengan bantuan Program Komputer SPSS
versi 15.00.
Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk: (1) marketing mix, dengan
indikator produk, harga, promosi, dan distribusi/tempat menunjukkan sebanyak
10% termasuk dalam kategori sangat baik, 65% termasuk dalam kategori baik,
dan 25% termasuk dalam kategori cukup. (2) keputusan pembelian dengan
indikator pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, pengevaluasian alternatif,
keputusan pembelian dan perilaku sesudah membeli, sebanyak 11% termasuk
dalam kategori sangat baik, 40% termasuk dalam kategori baik, 41% termasuk
dalam kategori cukup, dan 8% termasuk dalam kategori buruk. (3) Hasil uji
Korelasi Pearson Product Moment dengan taraf signifikan 5%, terdapat hubungan
secara positif dan signifikan antara marketing mix dengan keputusan pembelian
dengan nilai r sebesar 0,340 dengan interprestasi hubungan yang cukup kuat.
Berdasarkan hasil analisa data tentang keberartian korelasi dengan menggunakan
uji t diperoleh hasil thitung sebesar 2.721 dengan taraf signifikan 0,05 sedangkan
ttabel 1,661. Berarti dapat dibandingkan thitung > ttabel (2.721 >1, 661), maka
Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara Marketing Mix dengan Keputusan Pembelian, maka Ha diterima. Artinya
semakin baik penilaian tamu individu terhadap marketing mix hotel maka
semangkin tinggi tingkat keputusan pembelian kamar di Grand Inna Muara Hotel
Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Hospitality > Hoaspitality Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 31 Oct 2025 04:19
Last Modified: 31 Oct 2025 04:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28256

Actions (login required)

View Item
View Item