Hubungan Fasilitas Kamar Hotel dengan Kepuasan Tamu Menginap di Daima Hotel Padang

Akbar, Mufadriadi (2014) Hubungan Fasilitas Kamar Hotel dengan Kepuasan Tamu Menginap di Daima Hotel Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_15_MUFARIADI_AKBAR_99122_4179_2014.pdf] Text
final_B1_15_MUFARIADI_AKBAR_99122_4179_2014.pdf

Download (867kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti sewaktu melaksanakan
kegiatan Praktek Lapangan Industri di Daima Hotel Padang, peneliti menemukan
fasilitas yang ditawarkan oleh pihak hotel tidak sesuai dengan kenyataan yang
ditemukan dan juga beberapa fasilitas yang rusak, ada tamu yang komplain
dengan amenities dan towel yang tidak ada. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan mengungkapkan serta menjelaskan tentang bagaimana fasilitas
kamar dan kepuasan tamu menginap di Daima Hotel Padang serta hubungan
fasilitas kamar hotel dengan kepuasan tamu menginap di Daima Hotel Padang.
Penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu: variabel fasilitas kamar (X) dengan
kepuasan tamu (Y).
Jenis penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif dengan pendekatan
korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang pernah menginap di
Daima Hotel Padang pada periode Agustus, September dan Oktober dengan
jumlah rata-rata tamu 1017 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian
ini menggunakan rumus dari Riduwan dan diperoleh sampel sebanyak 91 orang,
teknik pengumpulan data dengan angket yang disusun berdasarkan Skala Likert
yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan
bantuan program komputer SPSS (Statistical Product Solution and Service) for
windows versi 16,00
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Fasilitas Kamar Daima Hotel
Padang berada pada kategori sangat baik (70%), (2) Kepuasan Tamu yang
menginap di Daima Hotel Padang berada pada kategori sangat baik (69%), (3)
Hasil uji Korelasi Pearson Product Moment dengan taraf signifikan 5%, terdapat
hubungan secara positif dan signifikan antara fasilitas kamar dengan kepuasan
tamu menginap di Daima Hotel Padang dengan nilai r sebesar 0,598 dengan
interprestasi hubungan yang kuat dan signifikansi 0,05 artinya semakin baik
fasilitas kamar maka semakin tinggi kepuasan tamu menginap di Daima Hotel
Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Hospitality > Hoaspitality Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 31 Oct 2025 04:19
Last Modified: 31 Oct 2025 04:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28253

Actions (login required)

View Item
View Item