Akbar, Mufadriadi (2014) Hubungan Fasilitas Kamar Hotel dengan Kepuasan Tamu Menginap di Daima Hotel Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_15_MUFARIADI_AKBAR_99122_4179_2014.pdf [thumbnail of final_B1_15_MUFARIADI_AKBAR_99122_4179_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_15_MUFARIADI_AKBAR_99122_4179_2014.pdf
Download (867kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti sewaktu melaksanakan 
kegiatan Praktek Lapangan Industri di Daima Hotel Padang, peneliti menemukan 
fasilitas yang ditawarkan oleh pihak hotel tidak sesuai dengan kenyataan yang 
ditemukan dan juga beberapa fasilitas yang rusak, ada tamu yang komplain 
dengan amenities dan towel yang tidak ada. Penelitian ini bertujuan untuk 
mengetahui dan mengungkapkan serta menjelaskan tentang bagaimana fasilitas 
kamar dan kepuasan tamu menginap di Daima Hotel Padang serta hubungan 
fasilitas kamar hotel dengan kepuasan tamu menginap di Daima Hotel Padang. 
Penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu: variabel fasilitas kamar (X) dengan 
kepuasan tamu (Y). 
Jenis penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif dengan pendekatan 
korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang pernah menginap di 
Daima Hotel Padang pada periode Agustus, September dan Oktober dengan 
jumlah rata-rata tamu 1017 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian 
ini menggunakan rumus dari Riduwan dan diperoleh sampel sebanyak 91 orang, 
teknik pengumpulan data dengan angket yang disusun berdasarkan Skala Likert 
yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan 
bantuan program komputer SPSS (Statistical Product Solution and Service) for 
windows versi 16,00  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Fasilitas Kamar Daima Hotel 
Padang berada pada kategori sangat baik (70%), (2) Kepuasan Tamu yang 
menginap di Daima Hotel Padang berada pada kategori sangat baik (69%), (3) 
Hasil uji Korelasi Pearson Product Moment dengan taraf signifikan 5%, terdapat 
hubungan secara positif dan signifikan antara fasilitas kamar dengan kepuasan 
tamu menginap di Daima Hotel Padang dengan nilai r sebesar 0,598 dengan 
interprestasi hubungan yang kuat dan signifikansi 0,05 artinya semakin baik 
fasilitas kamar maka semakin tinggi kepuasan tamu menginap di Daima Hotel 
Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | Hospitality > Hoaspitality Management | 
| Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 04:19 | 
| Last Modified: | 31 Oct 2025 04:19 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28253 | 
 
         