Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Datar Menggunakan Strategi Belajar Kooperatif Tipe Jigsaw Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 10 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.

Suliana, Suliana (2011) Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Datar Menggunakan Strategi Belajar Kooperatif Tipe Jigsaw Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 10 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SULIANA_90697_2011.pdf] Text
final_B1_SULIANA_90697_2011.pdf

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi dan model pembelajaran yang digunakan pada umumnya bersifat konvensional, sehingga proses pembelajaran kurang menarik bagi siswa dan hasil belajar yang dicapai kurang memuaskan selain itu dalam menyampaikan materi pembelajaran guru kurang melibatkan siswa dengan benda-benda kongkrit maupun alat peraga. .Dari itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil belajar sifatsifat bangun datar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas V SD Negeri 10 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Padang. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yaitu dengan langkah-langkah : membagi siswa ke dalam 6 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang tiap kelompok yang disebut dengan kelompok asal. Masing-masing anggota kelompok asal diberikan topik yang berbeda-beda. Setiap anggota kelompok asal yang mendapat topik yang sama bergabung dalam satu kelompok yang disebut dengan kelompok ahli. Dalam kelompok ahli, siswa berdiskusi tentang topik yang akan dibahas sesuai dengan petunjuk Lembar Kerja Siswa (LKS). Selesai berdiskusi, masing-masing anggota kelompok ahli bergabung kembali ke kelompok asalnya untuk menjelaskan topik yang telah dibahas pada kelompok ahli. Setelah itu masingmasing kelompok asal diberikan tes tentang seluruh topik, kelompok yang memperoleh nilai tertinggi diberikan penghargaan. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, pada siklus I pertemuan I didapat nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa adalah nilai siklus I pertemuan I yaitu 6,78 atau 68%. Kemudian diadakan lagi tindakan siklus I pertemuan II rata-rata nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 7,47 atau 75%. Dari siklus II terjadi peningkatan dimana nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 8,61 atau 86%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar sifat-sifat bangun datar siswa pada kelas V SD Negeri 10 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang..

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, jigsaw, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 31 Oct 2025 04:18
Last Modified: 31 Oct 2025 04:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28249

Actions (login required)

View Item
View Item