Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Multimedia Interaktif Model Classic Tutorial dengan Multimedia Linear pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarab

Vhalind, Yossy Intan (2011) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Multimedia Interaktif Model Classic Tutorial dengan Multimedia Linear pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarab. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YOSSI_INTAN_VHALIND_88361_2011.pdf] Text
final_B1_YOSSI_INTAN_VHALIND_88361_2011.pdf

Download (337kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sungai Tarab, terlihat proses belajar mengajar kurang optimal. Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center) dan masih kurangnya penggunaan media oleh guru. Ini mengakibatkan siswa cendrung pasif dan kurang termotivasi dalam menerima materi pelajaran dari guru. Hal tesebut berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan multimedia interaktif model classic tutorial dengan multimedia linear pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat quasy eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan multimedia interaktif model classic tutorial dengan multimedia linear. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tarab, pada tahun ajaran 2011/2012. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Sungai Tarab (kelas eksperimen) dan siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Sungai Tarab (kelas kontrol). Multimedia yang diujicobakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terlebih dahulu diuji valididitas oleh ahli media (Dosen) dan ahli materi ( Guru). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan alat pengumpul data yaitu lembaran soal tes. Soal tes terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitas. Setelah diperoleh data, dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian barulah dianalisis dengan menggunakan t-tes. Dari hasil penelitian rata-rata nilai siswa dari pembelajaran yang menggunakan multimedia interaktif model classic tutorial (79,09) lebih tinggi dari pembelajaran dengan multimedia linear (72,15). Hasil uji t hitung > t tabel , yaitu 3,88 > 1,996 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar TIK siswa menggunakan multimedia interaktif model classic tutorial lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil belajar TIK siswa yang menggunakan multimedia linear di SMA Negeri 1 Sungai tarab pada taraf kepercayaan α 0,05

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL CLASSIC TUTORIAL, MULTIMEDIA LINEAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 30 Oct 2025 09:19
Last Modified: 30 Oct 2025 09:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28241

Actions (login required)

View Item
View Item