Witrin, Rosy (2014) Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Lamun Ombak Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_15_ROSY_WITRIN_55607_4282_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti di Rumah Makan Lamun
Ombak Padang, bahwa masih banyaknya keluhan konsumen. Hal ini diduga
karena masih kurangnya kualitas pelayanan sehingga mempengaruhi kepuasan
konsumen. Berdasarkan permasalahan di atas penelitian ini bertujuan untuk : 1)
Mendeskripsikan kualitas pelayanan di Rumah Makan Lamun Ombak Padang, 2)
Mendeskripsikan kepuasan konsumen di Rumah Makan Lamun Ombak Padang,
dan 3) Menganalisa adakah hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan
konsumen di Rumah Makan Lamun Ombak Padang.
Jenis penelitian digolongkan kepada penelitian korelasional, bertujuan
untuk melihat adakah hubungan antar variabel Kualitas Pelayanan (X) dan
Kepuasan Konsumen (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen
Rumah Makan Lamun Ombak Padang yang berjumlah 9050 orang. Sampel
penelitian berjumlah 100 orang dengan teknik pengambilan sampel adalah non
probability sampling, dengan mengunakan insidental sampling. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan
mengunakan skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya
data dianalisis melalui analisis deskripsi dan korelasi dengan bantuan Program
Komputer SPSS versi 17.00.
Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Kualitas Pelayanan berada pada
kategori cukup (50%), dengan rincian sebanyak (2%) menunjukkan kategori
sangat baik, (44%) menunjukkan kategori baik, (50%) menunjukkan kategori
cukup, (4%) menunjukkan kategori buruk dan tidak ada satupun orang (0%) yang
menunjukkan hasil buruk sekali 2) Kepuasan Konsumen berada pada kategori
cukup (72%), dengan rincian (1%) menunjukkan kategori sangat baik, (27%)
menunjukkan kategori baik, (72%) menunjukkan kategori cukup, tidak ada
satupun orang (0%) menunjukkan kategori buruk, dan tidak ada satupun orang
(0%) menunjukkan hasil buruk sekali 3) Hasil uji Corelasi Product Moment
dengan taraf signifikansi 5%, menyatakan terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Konsumen dengan nilai r
sebesar 0,438 maka koefisien korelasi cukup, karena nilai r berada pada rentang
0,25 – 0,5. Dengan nilai signifikansi 0.00, berarti terdapat hubungan yang
signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan kosumen, karena nilai
signifikansinya ≤ 0,05.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Hospitality > Hoaspitality Management |
| Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 09:17 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 09:17 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28226 |
