Persepsi Masyarakat tentang Citra Hotel Melati di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Yandra, Yandra (2015) Persepsi Masyarakat tentang Citra Hotel Melati di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_15_YANDRA_55610_3571_2015.pdf] Text
final_B1_15_YANDRA_55610_3571_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap citra Hotel Melati
di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Peneliti menemukan permasalahan
antara lain adanya kesan yang negatif dari masyarakat, sikap yang tertutup dari
karyawan maupun manajemen Hotel Melati terhadap masyarakat yang berada di
sekitar hotel, kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap fungsi operasional
Hotel Melati yang di peruntukkan sebagai tempat penginapan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang citra Hotel Melati di
Kecamatan Koto Tangah Kota Padang yang meliputi 3 indikator citra Hotel
Melati yaitu: kesan, kepercayaan dan sikap.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi
penelitian ini adalah masyarakat yang berada disikatar Hotel Melati di Kecamatan
Koto Tangah Kota Padang berjumlah 275 orang. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan menggunakan
purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 74 orang. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner (angket)
menggunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya.
Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskriptif.
Hasil penelitian menyampaikan bahwa secara umum Persepsi Masyarakat
Tentang citra Hotel Melati di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang dinyatakan
kategori kurang baik dengan nilai rata-rata 60,20 dari 74 responden pada rentang
49–<63. Sedangkan berdasar masing-masing indikator yaitu: (1) Kesan
dinyatakan kategori kurang baik dengan nilai rata-rata 15,71, pada rentang 18 –
<24 (2) Kepercayaan dinyatakan kategori kurang baik dengan nilai rata-rata
26,31, pada rentang 21–<27 (3) Sikap dinyatakan kategori kurang baik dengan
nilai rata-rata 18,17, pada rentang 15,75– <20,25.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Hospitality > Hoaspitality Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 30 Oct 2025 09:15
Last Modified: 30 Oct 2025 09:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28216

Actions (login required)

View Item
View Item