Pengelolaan Objek Wisata Cagar Alam Rimbo Panti Kabupaten Pasaman

Afrida, Yelni (2015) Pengelolaan Objek Wisata Cagar Alam Rimbo Panti Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_15_YELNI_AFRIDA_1102311_2459_2015.pdf] Text
final_B1_15_YELNI_AFRIDA_1102311_2459_2015.pdf

Download (857kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi Objek Wisata Cagar Alam
Rimbo Panti yang tidak dikelola dengan baik terlihat dari beberapa fasilitas yang
ada tidak layak untuk digunakan dan banyaknya sampah yang berserakan di lokasi
objek wisata. Hal ini menandakan masih kurangnya pengelolaan yang dilakukan
pada objek wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:
(a)
perencanaan, (b) pengorganisasian, (c) pengarahan, dan (d) pengawasan Objek
Wisata Cagar Alam Rimbo Panti Kabupaten Pasaman.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifdengan pendekatan kualitatif
dan kuantitatif (mixed methode). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner (angket)
yang melibatkan informan dan responden di dalamnya, yaitu: pengelola objek
wisata (5 orang), masyarakat sekitar objek wisata (7 orang), serta pengunjung
objek wisata (30 orang) dengan menggunakan teknik Snowball Sampling.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa hal yang berkaitan
dengan pengelolaan Objek Wisata Cagar Alam Rimbo Panti yaitu: Perencanaan
berkaitan dengan tujuan yang akan dicapai yaitu berfokus kepada pelestarian dan
perlindungan flora dan fauna yang ada, mengenalkan dan mendatangkan
wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata, dan sebagai sumber Pendapatan
Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pasaman.Pengorganisasian yang terdiri dari
kekuasaan dari pengelola objek wisata dipimpin oleh seorang Kepala Bidang
Kepariwisataan
dari
Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan
Pariwisata(DISPORABUDPAR) yang memiliki 11 orang anggota, kemudian
untuk tugas dan tanggung jawab masing-masing anggota sesuai dengan posisinya
pada struktur organisasi. Pengarahan oleh pengelolaberupa mengajak dan
menyampaikan kepada semua anggota untuk menciptakan kesan yang positif
terhadap objek wisata seperti tetap menjaga kebersihan di Objek Wisata Cagar
Alam Rimbo Panti, kemudian memberikan pelayanan yang baik kepada
wisatawan. Pengawasan di objek wisata ini dilakukan oleh petugas pariwisata di
lokasi dengan cara patroli pada kawasan hutan, dan memantau kegiatan
pengunjung agar tidak merusak habitat alami dan fasilitas di Objek Wisata Cagar
Alam Rimbo Panti.Berdasarkan hasil angket pengunjung, sebagian besar
pengunjung mengatakan kondisi objek wisata kurang baik. Hal ini
dikarenakanbanyak fasilitas yang rusak, tidak terawat dan memerlukan
pengelolaan yang lebih baik terutama pada fasilitas objek wisata dan wisatawan
memilih untuk tidak berkunjung kembali ke objek wisata dengan persentase
sebesar 57 %. Saran dari wisatawan untuk pengelola yaitu agar lebih
memperhatikan lagi dalam pengelolaaan objek wisata terutama pada fasilitas
wisata.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Hospitality > Hoaspitality Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 30 Oct 2025 03:34
Last Modified: 30 Oct 2025 03:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28215

Actions (login required)

View Item
View Item