Afrida, Yelni (2015) Pengelolaan Objek Wisata Cagar Alam Rimbo Panti Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_15_YELNI_AFRIDA_1102311_2459_2015.pdf [thumbnail of final_B1_15_YELNI_AFRIDA_1102311_2459_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_15_YELNI_AFRIDA_1102311_2459_2015.pdf
Download (857kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi Objek Wisata Cagar Alam 
Rimbo Panti yang tidak dikelola dengan baik terlihat dari beberapa fasilitas yang 
ada tidak layak untuk digunakan dan banyaknya sampah yang berserakan di lokasi 
objek wisata. Hal ini menandakan masih kurangnya pengelolaan yang dilakukan 
pada objek wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:    
(a) 
perencanaan, (b) pengorganisasian, (c) pengarahan, dan (d) pengawasan Objek 
Wisata Cagar Alam Rimbo Panti Kabupaten Pasaman. 
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifdengan pendekatan kualitatif 
dan kuantitatif (mixed methode). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 
menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner (angket) 
yang melibatkan informan dan responden di dalamnya, yaitu: pengelola objek 
wisata (5 orang), masyarakat sekitar objek wisata (7 orang), serta pengunjung 
objek wisata (30 orang) dengan menggunakan teknik Snowball Sampling. 
Berdasarkan  hasil  penelitian  ditemukan  beberapa  hal  yang  berkaitan 
dengan pengelolaan Objek Wisata Cagar Alam Rimbo Panti yaitu: Perencanaan 
berkaitan dengan tujuan yang akan dicapai yaitu berfokus kepada pelestarian dan 
perlindungan   flora   dan   fauna   yang   ada,   mengenalkan   dan   mendatangkan 
wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata, dan sebagai sumber Pendapatan 
Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pasaman.Pengorganisasian yang terdiri dari 
kekuasaan  dari  pengelola objek  wisata  dipimpin  oleh  seorang Kepala  Bidang 
Kepariwisataan
 dari 
Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan 
Pariwisata(DISPORABUDPAR)  yang  memiliki  11  orang  anggota,  kemudian 
untuk tugas dan tanggung jawab masing-masing anggota sesuai dengan posisinya 
pada struktur organisasi. Pengarahan oleh pengelolaberupa mengajak dan 
menyampaikan kepada semua anggota untuk menciptakan kesan yang positif 
terhadap objek wisata seperti tetap menjaga kebersihan di Objek Wisata Cagar 
Alam   Rimbo   Panti,   kemudian   memberikan   pelayanan   yang   baik   kepada 
wisatawan. Pengawasan di objek wisata ini dilakukan oleh petugas pariwisata di 
lokasi   dengan   cara  patroli   pada  kawasan   hutan,   dan   memantau   kegiatan 
pengunjung agar tidak merusak habitat alami dan fasilitas di Objek Wisata Cagar 
Alam Rimbo Panti.Berdasarkan hasil angket pengunjung, sebagian besar 
pengunjung mengatakan kondisi objek wisata kurang baik. Hal ini 
dikarenakanbanyak   fasilitas   yang   rusak,   tidak   terawat   dan   memerlukan 
pengelolaan yang lebih baik terutama pada fasilitas objek wisata dan wisatawan 
memilih untuk tidak berkunjung kembali ke objek wisata dengan persentase 
sebesar 57 %. Saran dari wisatawan untuk pengelola yaitu agar lebih 
memperhatikan lagi dalam pengelolaaan objek wisata terutama pada fasilitas 
wisata.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | Hospitality > Hoaspitality Management | 
| Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 03:34 | 
| Last Modified: | 30 Oct 2025 03:34 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28215 | 
 
         