Tri D, Savira (2021) Kemampuan Literasi Teknologi Siswa Kelas X IPS dalam Pembelajaran Geografi pada Materi Dinamika Atmosfer dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan di SMAN 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_SAVIRA_TRI_DARMAYANTI_17045071_2773_2021.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi
teknologi kelas X IPS di SMAN 1 Pariaman dalam pembelajaran geografi pada
materi dinamika atmosfer dan pengaruhnya terhadap kehidupan yang berhubungan
pada aspek kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor siswa. Penelitian ini
memiliki jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel
penelitian sebanyak 52 siswa kelas X IPS di SMAN 1 Pariaman yang menggunakan
teknik random sampling. Penelitian dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner
pada objek penelitian.
Berdasarkan penelitian, didapati hasil bahwa kemampuan literasi teknologi
siswa kelas X IPS pada pembelajaran geografi dalam dinamika atmosfer dan
pengaruhnya terhadap kehidupan untuk per indikator, yaitu pada indikator konten
yang berkaitan dengan kemampuan kognitif siswa dengan persentase 76% yang
dikategorikan baik, indikator proses yang berkaitan dengan kemampuan kognitif
dan psikomotor siswa dengan persentase 78% yang dikategorikan baik, indikator
konteks yang berkaitang dengan kemampuan psikomotor siswa dengan persentase
76% yang dikategorikan baik, serta indikator sikap yang berkaitan dengan
kemampuan afektif siswa dengan persentase 80% yang dikategorikan baik. maka,
secara keseluruhan kemampuan literasi teknologi siswa tergolong baik dengan total
persentase sebesar 77%.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | G Geography |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
| Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 09:14 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 09:15 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28213 |
