Hanyoko, Okto (2011) Perbedaan Keterampilan Menulis Puisi Berbantuan Gambar dan Teknik Lamunan dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_OKTO_HANYOKO_83522_4479_2011.pdf
Download (4MB)
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara penulis dengan guru bahasadan sastra Indonesia kelas VIII SMP Negeri 3 Padang, diperoleh gambaran bahwakurangnya kemauan dari siswa untuk menulis puisi. Kemauan tersebut berawaldari kurangnya kemampuan siswa menggunakan citraan dan majas dalam menulispuisi. Hal ini lebih dipertegas lagi dengan pencapaian persentase hasil menulispuisi siswa hanya 35% yang mencapai KKM yang di tetapkan oleh sekolah iniyakni 75.Skripsi ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan menulis puisiberbantuan gambar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang dilihat dari citraan,majas, dan kesesuaian isi dengan objek. (2) mendeskripsikan keterampilanmenulis puisi berbantuan teknik lamunan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padangdilihat dari citraan, majas, dan kesesuaian isi dengan objek. (3) mendeskripsikanperbedaan keterampilan menulis puisi berbantuan gambar dan teknik lamunansiswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu atauquasi eksperimen research. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIISMP Negeri 3 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak170 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 51 orang, diambil dengan teknikpurposive sampling. Data penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu nilaiketerampilan menulis puisi dengan menggunakan media gambar dan tekniklamunan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia siswa kelas VIII SMPNegeri 3 Padang. Data dianalisis menggunakan rumus persentase, rumus rata-ratahitung, uji lilieford untuk uji normalitas, homogenitas data, dan uji-t untukmengetahui perbedaan keterampilan menulis puisi berbantuan gambar dan tekniklamunan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang.Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama,keterampilan menulis puisi berbantuan media gambar siswa kelas VIII SMPNegeri 3 Padang berada pada kualifikasi cukup (c) dengan rata-rata nilai 61,99.Kedua, keterampilan menulis puisi berbantuan teknik lamunan siswa kelas VIIISMP Negeri 3 Padang berada pada kualifikasi baik (b) dengan rata-rata nilai80,76. Ketiga, Dari hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat perbedaanketerampilan menulis puisi berbantuan gambar dan teknik lamunan siswa kelasVIII SMP Negeri 3 Padang. Dengan demikian thitung > ttabel yang menunjukkan H1diterima. Keterampilan menulis puisi berbantuan teknik lamunan lebih baik daripada keterampilan menulis puisi berbantuan media gambar siswa kelas VIII SMPNegeri 3 Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MENULIS PUISI, KETERAMPILAN MENULIS |
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 03:34 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 03:34 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28209 |
