Putri, Andini (2018) Kecanduan Smartphone pada Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_ANDINI_PUTRI_1300350_432_2018.pdf [thumbnail of B1_05_ANDINI_PUTRI_1300350_432_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_05_ANDINI_PUTRI_1300350_432_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Kecanduan smartphone merupakan perilaku remaja khususnya siswa yang tidak dapat mengontrol keinginan untuk menggunakan smartphone, sehingga cendrung berdampak negatif pada kegiatan belajar siswa. Idealnya siswa dapat menggunakan smartphone dengan cara yang positif dan tidak mengganggu kewajibannya sebagai seorang pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku siswa-siswa yang mengalami kecanduan smartphone, dilihat dari aspek (1) inability to control craving (ketidakmampuan mengontrol keinginan menggunakan smartphone), (2) anxiety and feeling lost (kecemasan dan kehilangan bila tidak menggunakan smartphone), (3) withdrawel and escape (menarik dan melarikan diri), dan (4) productivity lost (penurunan produktivitas).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa SMA N 1 Rao dengan jumlah 86 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala model Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kecanduan smartphone pada siswa dilihat dari aspek inability to control craving (ketidakmampuan mengontrol keinginan menggunakan smartphone) berada pada kategori sedang, (2) kecanduan smartphone pada siswa dilihat dari aspek anxiety and feeling lost (kecemasan dan kehilangan bila tidak menggunakan smartphone) berada pada kategori sedang, rendah dan sangat rendah, (3) kecanduan smartphone pada siswa dilihat dari aspek withdrawel and escape (menarik dan melarikan diri) berada pada kategori sedang, dan (4) kecanduan smartphone pada siswa dilihat dari aspek productivity lost (penurunan produktivitas) berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru BK di sekolah melaksanakan berbagai layanan bimbingan dan konseling dengan pemberian topik kontrol diri dalam penggunaan smartphone, manajemen waktu dalam penggunaan smartphone, memanfaatkan waktu senggang dengan hal yang positif, motivasi belajar, dan pentingnya konsentrasi saat belajar
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kecanduan Smartphone | 
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 | 
| Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP | 
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 03:34 | 
| Last Modified: | 30 Oct 2025 03:34 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28208 | 
 
         